Polisi Beber Kronologi Penangkapan Maling Motor di Bandulan Kota Malang

Kota Batu, blok-a.com – Polisi berhasil membekuk pelaku Curanmor di pertigaan Bandulan Kecamatan Sukun Kota Malang, Sabtu (6/4/2024) kemarin malam. Kini Satreskrim Polres Batu beberkan kronologi penangkapannya.

Informasi didapat awak media, ternyata ada tiga pelaku Curanmor yang ditangkap. Tiga pelaku Curanmor itu ialah DAP (32) warga Desa Pandanrejo Kecamatan Wagir Kabupatem Malang,!AS (32) warga Dusun Kalibening Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, dan DW (30) warga Kelurahan Sukun Kecamatan Sukun Kota Malang.

Kasatreskrim Polres Batu AKP Rudi Kuswoyo mengatakan kejadian berawal dari laporan korban bernama Yuswran Ari Toran alamat Dusun Tinjumoyo Desa Sidomulyo Kecamatan Batu Kota Batu, sepera motornya hilang dicuri.


“Hari Kamis (4/4/2024) korban
memarkir kendaraan Honda Beat di teras rumah sejak pukul 21.00 Wib dalam kondisi dikunci stir . Namun hingga pukul 04.00 Wib , Jumat (5/4/2024) dini hari korban mengetahui bahwa sepeda motor sudah tidak ada atau hilang,” jelas AKP Rudi kepada awak media, Senin (8/4/2024).

Lanjut, korban melaporkan kejadian ini ke SPKT Polres Batu, Sabtu (6/4/2024). Bersamaan hari itu juga ada laporan dari warga bernama
Juwariyah warga Dusun Maron Mulyorejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang, kalau kehilangan sepeda motor Honda Beat di toko baju Mega Store di Jl Raya Ngantang Kab Malang.

“Korban bersama anaknya sekitar pukul 15.00 Wib Sabtu (6/4/2024 ) belanja di toko baju Mega Store di Jl Raya Ngantang kab Malang. Sepeda motor Honda Beat oleh korban di parkir di dengan keadaan di kunci stang stir. Saat hendak pulang di ketahui sepeda motor sudah tidak ada,” jelas Rudi.

Sesaat setelah kejadian Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Batu melaksanakan penyelidikan dengan bergerak cepat sebar lebar ke seluruh jalan keluar Kota Batu.

“Salah satunya menuju ke arah kota Malang Jalan Raya Bandulan Kecamatan Sukun Kota Malang,” imbuhnya.

Setelah dilakukan penyelidikan dengan sasaran jalan Raya Bandulan kec Sukun Kota Malang. Sekitar pukul 17.30 wiib, Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Batu mendaparti pelaku sedang mengisi BBM sepeda motor hasil curian di daerah Pandan .

“Saat itu tim melihat dua orang pelaku mengendarai Honda Beat tanpa nopol berboncengan sedang menunggu satu rekannya yang sedang mengisi BBM Honda Beat dengan nopol N-2780-LR di daerah Pandan,” jelasnya.

Mengetahui ada tiga orang terduga pelaku yang sedang membawa salah satu sepeda curian, petugas langsung melakukan penangkapan.

“Para pelaku sempat kabur saat akan dilakukan penangkapan. Namun para pelaku terjebak kemacetan adanya pasar takjil di kawasan pertigaan Bandulan Kecamatan Sukun Kota Malang,” terang Rudi.

Hingga pukul 19.30 Sabtu (6/4/2024), ketiga pelaku berhasil diringkus dengan barang bukti dua sepeda motor Honda Beat dan dua buah kunci T.

Atas pengembangan kasus tersebut diketahui bahwa pelaku juga melakukan pencurian di tempat yang berbeda yaitu di Tinjumoyo Desa Sidomulyo Kecamatan Batu Kota Batu.

“Pelaku adalah residivis pencurian kendaraan bermotor yang penah tertangkap pada tahun 2021 dan di vonis 2 tahun dan saat diintertogasi petugas pelaku mengakui kalau mencuri di 6 TKP,” bebernya.

Saat ini Tim Satreskrim Polres Batu masih melakukan penyelidikan serta pengembangan dengan TKP lainnya yang berada di wilayah hukum Polres Batu.

“Untuk tiga pelaku disangkakan pasal Pasal 363 KUH Pidana, dengan ancaman hukuman penjara paling lama 7 tahun lamanya,” pungkasnya.(mit/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?