Mencicipi Rawon Kemari, Kuliner Legend di Kepanjen Malang

Caption : Satu porsi Rawon Kemari, Kepanjen, Kabupaten Malang (Blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)
Caption : Satu porsi Rawon Kemari, Kepanjen, Kabupaten Malang (Blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)
Kabupaten Malang, blok-a.comRawon memang menjadi favorit kebanyakan orang, bahkan makanan ini dapat diterima oleh seluruh kalangan, baik orang dewasa, remaja bahkan anak-anak sekalipun.
Salah satu makanan nusantara yang masih eksis hingga saat ini. Rawon juga kerap disajikan untuk hidangan para tamu. Seperti, di acara pernikahan, syukuran, atau acara semacamnya.
Olahan sayur dengan potongan daging berkuah hitam pekat ini menjadi makanan yang mudah dijumpai di seluruh plosok dunia, tak kerkecuali di Kabupaten Malang.
Terdapat sejumlah kedai yang menjajakan makanan berkuah satu ini. Namun, hanya terdapat satu kedai rawon yang lengend di Kepanjen, Kabupaten Malang.
Kedai Rawon Kemari namanya, lokasinya berada di Jalan Sultan Agung, Nomor 63, Desa Kepanjen, Kecamatan Kepanjen. Tepatnya di depan Kantor Indihome yang bersebelahan dengan Masjid Agung Baiturrahman Kepanjen.
Jika kalian berkendara dari arah Kota Malang, kalian perlu berkendara menuju Kepanjen hingga bertemu perempatan Kepanjen.
Setelah itu, dari perempatan kalian belok ke arah kiri atau timur hingga menjumpai Masjid Agung Baiturrahman. Nah, tujuan kalian tepat berada di kiri jalan berhadapan dengan Kantor Indihome Kepanjen.
Lokasi warung rawon ini tidak jauh dari Stasiun Kepanjen, Kabupaten Malang. Hanya berjarak kurang lebih 100 meter dari stasiun, sehingga warung ini cocok dijadikan destinasi wisata kuliner bagi wisatawan.
Warung Rawon Kemari buka setiap harinya, mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB. Jika kalian tak ingin kehabisan, kalian bisa datang lebih pagi dari jam tutup warung ini.
Meskipun tempatnya tak terlalu luas, namun kebersihan warungnya terus terjaga, sehingga pengunjung dapat makan dengan nyaman dan nikmat.
Warung yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu ini masih eksis hingga sekarang, salah satu kuliner legend yang wajib di coba oleh wisatawan yang tengah berlibur di Kabupaten Malang.
Warung Rawon Kemari menyediakan menu dengan kuah cenderung bening, rasa kuah maupun potongan dagingnya tak perlu diragukan lagi kelembutannya.
Selain tekstur daging yang lembut, warung spesialis rawon ini hanya menyediakan satu menu. Tidak ada menu lainnya, namun jenis isian rawonnya bermacam-macam.
Ada rawon daging, rawon paruh, rawon babat dan masih banyak rawon jerohan lainnya. Kalian juga bisa menambah menu lauk, seperti empal sapi, babat, usus, paruh, telur asin, tempe goreng dan yang menjadi favorit adalah mendol gorengnya.
Mendol merupakan olahan tempa yang di bentuk bulat-bulat, makanan ini mudah di jumpai di Malang. Menjadi pilihan lauk tambahan yang cocok dinikmati dengan kuah segarnya Rawon Kemari.
Makanan penutupnya pun bermacam, jika kalian berkunjung di pagi hari, kalian bisa menikmati jajanan pasar yang tersedia di meja. Seperti onde-onde, kucur dan masih banyak jajan jadul yang tersedia.
Makanan penutupnya pun bisa dinikmati dengan menu minuman berempah yang menjadi salah satu minuman favorit pengunjung, ada kopi rempah, wedang uwuh, wedang rempah serta masih banyak menu minuman rempah lainnya.
Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, satu porsi rawon mulai dari Rp17 ribu hingga Rp35 ribu perporsi. Sedangkan lauk tambahannya mulai dari Rp1 ribu sampai dengan Rp8 ribu perpotong.
Untuk kopi rempah dan jananan pasar mulai dari Rp3 ribu sampai dengan Rp10 ribu perporsinya.
Sangat murah bukan ? Segera jadwalkan sarapan pagi atau makan siang kalian dengan menikmati semangkuk Rawon Kemari dengan kuah yang lezat, dijamin bakal ketagihan. (ptu/bob)