Cerita di Balik Lagu Baru Cozy Republic, Bastian Seolah-Olah Diajak Ngobrol Gunung Rinjani

Cerita di Balik Lagu Baru Cozy Republik, Bastian Seolah-Olah Diajak Ngobrol Gunung Rinjani
Suasana video klip lagu baru Cozy Republic 'Rinjani'

blok-a.com – Cozy Republic merilis lagu anyar berjudul ‘Rinjani’. Lagu yang berjudul sebuah gunung ini adalah cara Cozy Republic mengungkapkan kekaguman akan keindahan alam di Pulau Lombok.

Founder Cozy Republic, Bastian menjelaskan lagu yang dirilis Maret 2024 ini adalah untuk mengajak para pendengar dan penikmat musiknya untuk mensyukuri keindahan alam.

“Dengan lagu Rinjani ini saya ingin mengajak untuk mensyukuri keindahan alam Nusantara,” terang Bastian, Senin (4/3/2024).

Ia pun menuturkan awal mula proses terciptanya lagu yang digarap pada tahun lalu ini. Dia kala itu berkunjung ke kaki Gunung Rinjani. Dia pun takjub akan indahnya pemandangan alam Gunung Rinjadi yang ia lihatnya dari Aranka Tempasan Lodge.

“Jadi ini tentang keindahan Gunung Rinjani. Waktu itu aku berkunjung ke Aranka Tempasan Lodge. Tempatnya itu seperti cottage, memang hidden gems, miliknya temanku disitu,” tuturnya.

Lanjut dia, tempat itu berada di Desa Tempasan yang letaknya di kaki Rinjani dengan view yang sangat indah. Inspirasi lagu ini pun muncul kala dia duduk sendirian. Entah karena takjub atau apa, Gunung Rinjani itu seperti mengajak dia mengobrol. Akhirnya inspirasipun muncul dan lagu itu lahir.

“Pas waktu malam aku berkunjung ke sana ada acara musik. Terus jam 3 pagi aku melihat Rinjani itu dalam bentuk siluet, dia seakan-akan kayak lagi bisik-bisik ngajak ngobrol aku,” ungkapnya.

Dari sinilah, ia mendapatkan inspirasi untuk menuangkannya dalam sebuah karya lagu.

“Jadi aku mengajak mengobrol Rinjani dalam bentuk sebuah lagu. Bisa dikatakan lagu ini bentuk rayuan terhadap gunung Rinjani, supaya dia tetap menghiasi Nusantara, sebagai gunung tercantik, karena gunung itu ibaratnya seorang wanita,” lanjutnya.

Terkait pengerjaan video klip, Bastian menyebut diambil di Aranka Tempasan Lodge, kawah Gunung Rinjani, hingga eksotika footage Desa Tempasan dan Sembalun. Untuk proses pembuatan didukung oleh Music Video by Aranka Tempasan & Gear Studio, Yeayat (bassist), Cikal Ramli (kebordis 1) Mbad Kamil (kebordis 2), Joshua Ronggur (drummer), hingga Gleen Gamma (drum tech).

Harapannya, lagu ‘Rinjani’ yang telah dirilis pada 1 Maret 2024 di berbagai platform digital ini dapat mengambil spirit dari sejarah dari Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949.

“Harapannya seperti semangat peristiwa sejarah serangan umum 1 Maret. Kita berusaha menyadarkan kembali orang Indonesia tentang bagaimana caranya merawat alamnya yang indah ini sebagai sebuah warisan leluhur dan pemberian Tuhan Yang Maha Esa kepada Bangsa Indonesia,” harapnya.

Menurut Bastian, melestarikan Bumi Nusantara lebih bagus daripada berfikir berpindah ke Mars seperti yang selama ini heboh direncanakan oleh Elon Musk. “Ngapain sulit-sulit mengurusi Mars. Bumi dirawat yang bagus. Bumi itu kan penerjemahan dari surga,” candanya. (bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?