Dua Pesawat Milik TNI AU Jatuh di Kawasan Taman Nasional Bromo

Blok-a.com – Dua pesawat TNI Angkatan Udara (AU) dilaporkan jatuh di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/11/2023) sekitar pukul 12.12 WIB.

Menurut data yang diterima Blok-a.com, dua pesawat tersebut diketahui terbang dari Lanud Abdurahman Saleh pada pukul 10.50 WIB. Kemudian sekitar pukul 11.18 WIB, mereka dinyatakan lost contact.

Video kondisi dua pesawat setelah kecelakaan bahkan sudah beredar di media sosial. Dalam video yang beredar, terlihat salah satu pesawat jatuh di area perkebunan dengan kondisi satu sayap terbakar.

Sementara pesawat lainnya terlihat dalam kondisi hancur di lereng pegunungan dengan tebing dan lahan pertanian di sekitarnya.

“Ini ada kecelakaan di timurnya Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Pasuruan, Jawa Timur. Ini jatuh sekitar 250 meter dari lokasi watugedeg,” ujar seorang pria perekam video tersebut.

Pria dalam video itu juga mengatakan bahwa warga belum berani mendekat, lantaran dikhawatirkan adanya ledakan susulan dari puing-puing pesawat tersebut.

Hingga berita ini ditulis, belum diketahui secara pasti soal adanya korban dalam peristiwa ini. Namun, pihak TNI AU telah melakukan penyelidikan.

(hen)