Akibat PDN Alami Gangguan, Pelayanan Publik di Kabupaten Malang Terdampak

Untuk memudahkan warga Kota Malang dalam mengakses berbagai layanan publik, Mall Pelayanan Publik
Untuk memudahkan warga Kota Malang dalam mengakses berbagai layanan publik, Mall Pelayanan Publik

Kabupaten Malang, blok-a.com – Gangguan pada Pusat Data Nasional (PDN) beberapa waktu terakhir ternyata memberi dampak yang cukup luas di berbagai daerah. Gangguan tersebut juga sempat dirasakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Malang, Iwan Heri.

Ia menerangkan, akibat gangguan website tersebut mengakibatkan tersendatnya layanan publik di Pemkab Malang, utamanya di layanan yang bersambung langsung dengan Pemerintah Pusat.

Sebab menurutnya, PDN sendiri di bawah kendali Pemerintah Pusat. Artinya, Diskominfo Kabupaten Malang maupun daerah lainnya hanya sebagai pengguna.

“Terganggunya PDN tentunya menimbulkan dampak pada beberapa layanan di Kabupaten Malang. Khususnya layanan administrasi pemerintahan yang disediakan oleh Pemerintah Pusat,” beber Iwan saat dikonfirmasi, Senin (24/6/2024).

Lebih lanjut, Iwan menerangkan, adapun
layanan yang mengalami gangguan yakni layanan surat menyurat melalui Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).

“Beberapa fitur layanan pada Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) dan beberapa fitur pada website desa.id,” sambungnya.

Selain itu, ada juga aplikasi yang dikelola oleh Pemkab Malang yang turut terganggu karena tersambung dengan website PDN. Aplikasi tersebut diantaranya pada pelayanan tingkat desa.

“Karena terhubung atau tersimpanh di PDN, maka aplikasi milik Diskominfo Kabupaten Malang juga terganggu. Yaitu aplikasi Pelayanan Administrasi Desa (MASDEKA) dan e-PKK,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi membenarkan terjadinya gangguan pada Pusat Data Nasional (PDN), Kamis (20/6/2024).

“Memang betul bahwa sedang terjadi gangguan pada Pusat Data Nasional yang berdampak pada beberapa layanan publik,” ujar Budi dilansir dari Kompas.com, Senin (24/6/2024). (ptu/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?