Ratusan Massa Aksi Suarakan Sejuta Cinta untuk Palestina di Depan Balai Kota Malang

Ratusan Massa Aksi Suarakan Sejuta Cinta untuk Palestina di Depan Balai Kota Malang
Aksi sejuta cinta untuk Palestina di Kota Malang, Jumat (21/6/2024) (blok-a/Satria Akbar Sigit)

Kota Malang, blok-a.com – Pada Jumat (21/6/2024), ratusan massa aksi berkumpul di depan Balai Kota Malang dengan mengenakan atribut dukungan untuk Palestina. Aksi damai ini bertujuan menyuarakan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina dan mengecam invasi Israel yang terus berlanjut.

Peserta aksi berasal dari berbagai elemen masyarakat, tua dan muda di Kota Malang dengan semangat yang sama untuk menyampaikan aspirasi dan kepedulian mereka terhadap Palestina.

Aksi dimulai dari titik kumpul di Masjid A. Yani setelah salat Jumat, dimana para peserta aksi bergerak menuju Balai Kota.

Gemuruh takbir terdengar berulang kali dan menggema di bawah terik matahari kota Malang. Warna hitam, hijau, putih, dan merah (perpaduan warna yang menjadi perlambang Palestina) menghiasi poster, spanduk, bendera dan atribut yang dibawa oleh peserta.

Salah satu momen menarik dari aksi ini adalah ketika peserta menyampaikan suara mereka dengan aksi teatrikal penindasan warga palestina oleh serdadu zionis. Beberapa orang menggunakan kostum putih-putih menampilkan aksi teatrikalnya untuk menunjukkan kekejaman yang menimpa warga Palestina.

Denggan mengusung tajuk “Sejuta Cinta Untuk Palestina”, para peserta juga menyampaikan orasi dan pernyataan sikap dengan penuh semangat. Tak hanya itu, aksi ini juga diwarnai dengan pertunjukan jamming menyuarakan lagu-lagu dukungan untuk Palestina.

Ratusan orang dari berbagai kalangan, termasuk pelajar, aktivis, dan warga biasa, menunjukkan solidaritas mereka dengan berdiri bersama di tengah panasnya kota.

Selain orasi dan deklarasi dukungan lintas unsur, aksi ini juga diisi dengan doa bersama untuk mendoakan percepatan kemerdekaan Palestina dan keselamatan para pejuang kemerdekaan di sana.

Aksi ini bukan hanya tentang mengecam kekerasan dan penindasan, tetapi juga tentang menyebarkan cinta dan harapan.

Melalui “Sejuta Cinta Untuk Palestina”, masyarakat Kota Malang menunjukkan bahwa dukungan terhadap Palestina tidak pernah surut. Selain itu, aksi ini adalah panggilan untuk masyarakat pada umumnya untuk terus mengawal keadilan bagi warga Palestina.

Selama aksi berlangsung, area depan Balai Kota ditutup sementara waktu. Karenanya, diberlakukan pengalihan arus lalu lintas di Alun-Alun Tugu menjadi dua arah. Langkah ini diambil untuk memastikan kelancaran aksi dan keamanan semua peserta.

Aksi ini berlangsung damai dan tertib, tanpa ada insiden yang mengganggu.

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?