Dianggap Paling Kuat, Sanusi Bakal Pilih Dewa atau Lathifah Shohib?

Bupati Malang, Sanusi saat ditemui awak media (blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)
Bupati Malang, Sanusi saat ditemui awak media (blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)

Kabupaten Malang, blok-a.com – Meskipun rekom dari masing-masing DPP belum juga turun, namun ada dua nama yang diprediksi kuat akan digandeng petahana HM Sanusi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di Kabupaten Malang.

Pakar politik Universitas Brawijaya (UB) Malang, Anang Sujoko menerangkan, situasi Pilkada kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Artinya, PDI Perjuangan harus merelakan untuk bekoalisi demi kemenangannya pada pesta demokrasi November me datang. Meskipun, partai banteng tersebut dapat maju tanpa partai politik (Parpol) lain karena kursinya mencukupi.

“Jangan satu dari kader Parpol, ini perjuangan agak berat. Artinya dari konstituen sama untuk bisa mengangkat elektabilitas itu lintas partai,” ujar Anang, Jumat (21/6/2024).

Menurutnya, terdapat dua kandidat yang berpotensi untuk digandeng HM Sanusi di Pilkada Malang 2024 sebagai petahana yakni tokoh dari golongan Nahdlatul Ulama (NU), salah satunya Lathifah Shahib.

“Terutama kalau saya melihat yang tetap memiliki kedekatan pada Nahdiyin (NU) misalnya. Atau tidak harus tokoh dari Nahdiyin, tetapi dilengkapi dengan mesin politik yang sudah stabil,” tambahnya.

Sementara itu, menurutnya sosok tokoh politik yang tak berhenti memanaskan mesin politiknya yakni Rendra Kresna.

Elektabilitasnya sebagai Mantan Bupati Malang dinilai masih tinggi, terlebih ia dikenal sebagai tokoh politik yang handal pada masanya.

“Contoh Pak Rendra, beliau memiliki mesin politik yang masih potensi. Ini kemudian sempat dua periode di pakai oleh anaknya. Ini berpotensi ke arah sana. Sehingga kalau Pak Bupati (HM Sanusi) ingin membangun lebih besar ya harus seperti itu,” urainya.

Selain dua nama tersebut, Anang menyebut kandidat lainnya masih samar. Artinya, petahana tidak memperlihatkan keberpihakannya dengan calon lain untuk memenangkan Pilkada Serentak 2024 mendatang.

“Kalau Abah Kholiq saya belum memiliki data valid, yang sudah terbukti Bu Latifah dan Dewa. Mungkin salah satu dua itu. Tetapi yang memiliki mesin politik lumayan ya Dewa itu meskipun kekuatan Lathifah tidak dianggap remah,” tegasnya. (ptu/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?