LBH Rumah Keadilan Siap Awasi Pemilu 2024 Wilayah Malang Raya 

Abd. Somad, S.H ketua Pemantau Pemilu LBH Rumah Keadilan. (foto : Dok. LBH Rumah Keadilan)
Abd. Somad, S.H ketua Pemantau Pemilu LBH Rumah Keadilan. (foto : Dok. LBH Rumah Keadilan)

Kota Malang, blok-a.com – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Rumah Keadilan secara resmi menyatakan kesiapan untuk mengawasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Pernyataan sikap tersebut meliputi keterlibatan sebagai pemantau pemilu di Malang Raya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal itu disampaikan oleh Abd. Somad, S.H., Ketua Pemantau Pemilu 2024 LBH Rumah Keadilan.

“Kami berkomitmen lembaga tersebut dalam menjaga integritas dan kualitas demokrasi di Malang dan juga Kediri,” ujar dia, Rabu (22/11/2023).

Sebelumnya, mereka telah melakukan pernyataan sikap dan pengumuman soal keterlibatannya dalam Pemilu pada Senin (20/11/2023) lalu, bersama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Malang.

Sejak berdiri pada tahun 2013, pihaknya melakukan berbagai upaya untuk bisa mengakses badan hukum. Sehingga pada tahun 2021, LBH Rumah Keadilan berhasil mengantongi akreditasi resmi dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

“Prestasi ini menjadi landasan kuat bagi LBH Rumah Keadilan untuk ikut serta dalam pengawasan pemilu dengan menerbitkan lembaga pemantauan dan memberikan kontribusi signifikan terhadap masyarakat,” ujar Somad.

Nantinya, dia bersama LBH Rumah Keadilan akan melakukan penetapan target pemantauan. Sebanyak 300 relawan di Malang akan disebar di titik-titik aktivitas Pemilu mendatang. Sementara di Kediri, akan melibatkan 200 relawan.

Kini, pihaknya masih dalam membuka lebar pendaftaran bagi siapa saja yang ingin bergabung menjadi relawan. Somad berharap bahwa melalui upaya sosialisasi yang intensif, jumlah relawan dapat meningkat untuk memastikan keberhasilan pemantauan pemilu.

“Sosialisasi ini bukan hanya untuk meningkatkan jumlah relawan, tetapi juga untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat. Bahwa hak partisipasi dalam demokrasi adalah hal yang sangat penting. LBH Rumah Keadilan ingin mendorong generasi muda, khususnya di Malang Raya, untuk aktif berperan dan menentukan hak pilih mereka,” ungkap Somad.

Kawal Tahap Perhitungan Suara

LBH Rumah Keadilan, lanjut dia, juga telah ditunjuk oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk menyelenggarakan pemantauan di Malang Raya dan Kediri.

“Kami memiliki tujuan utama untuk memberdayakan masyarakat dan memastikan bahwa proses pemilu berlangsung secara transparan dan adil. Dengan melibatkan generasi muda sebagai relawan pemantau, lembaga ini berharap dapat menangkap setiap potensi pelanggaran atau ketidakberesan selama proses pemilu,” lanjut dia.

Pihaknya juga akan mengawal proses perhitungan suara di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga ke tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal ini dilakukan agar setiap tahapan pemilu dapat dipantau dengan cermat, dan apabila ditemukan potensi pelanggaran, dapat segera dilaporkan kepada Bawaslu.

“Dengan harapan bahwa pemantauan ini dapat menciptakan pemilu yang bersih, adil, dan demokratis, LBH Rumah Keadilan siap berkontribusi dalam menyongsong Pemilu 2024 dengan penuh integritas,” pungkas dia. (mg2/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?