Lima TPS di Kabupaten Malang Bakal Selenggarakan Pemungutan Suara Ulang

Situasi TPS 17 Desa Gondanglegi Kulon, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang (blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)
Situasi TPS 17 Desa Gondanglegi Kulon, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang (blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)

Kabupaten Malang, blok-a.com – Sebanyak lima Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Malang akan selenggarakan pemungutan suara ulang (PSU) pada Jumat 23 Februari 2024, besok.

Lima TPS yang menggelar PSU tersebut tersebar di tiga kecamatan Kabupaten Malang, yakni Kecamatan Sumberpucung, Pujon dan Pakis.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Kabupaten Malang, Marhaendra Pramudya Mahardika mengatakan, ada sejumlah pemilih yang tidak terdaftar di DPTb dan menggunakan hak suaranya di TPS tersebut.

“Ada pemilih dari luar daerah yang tidak terdaftar sebagai pemilih daftar pemilih tambahan (DPTb), terus menggunakan hak pilihnya,” ujar Dika saat dikonfirmasi, Kamis (22/2/2024).

Dika sapaan akrabnya merincikan, kelima TPS tersebut tiga diantaranya berada di Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, diantaranya yakni TPS 2, TPS 4 dan TPS 16.

Lalu, TPS 3 di Desa Bendosari, Kecamatan Pujon dan TPS 4 di Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis.

Setidaknya, ada ribuan daftar pemilih tetap (DPT) yang akan melakukan pemilihan ulang. Mereka akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI. DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Malang.

“Beda-beda tidak semua memilih ke lima surat suara. Seluruh DPT diundang untuk mencoblos lagi, surat undangannya sudah disebar hari ini,” katanya.

Terkait perisapan PSU, Dika menyebutkan seluruh logistik Pemilu selesai dilakukan sortir maupun lipat. Kemudian pengiriman akan dilakukan malam nanti.

Sehingga seluruh TPS yang akan menyelenggarakan pemilihan ulang akan dilaksanakan serentak pada Jumat (23/2) besok.

“Mekanismenya sama persis seperti Pemilu 14 Februari, tempatnya tetap di TPS. Untuk petugasnya juga KPPS yang sama, karena KPPS masa tugasnya sampai tanggal 25 Februari nanti,” tuturnya.

Dia juga menjelaskan, petugas KPPS yang bertugas dalam PSU itu tidak akan menambah honor tambahan.

“Karena masih dalam masa kerja,” tutupnya. (ptu/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?