Sam Rektor Bakal Urungkan Niat Maju Cawalkot Malang di Pilkada 2024

Sam Rektor Bakal Urungkan Niat Maju Cawalkot Malang di Pilkada 2024
Rektor Universitas IBU Nurcholis Sunuyeko

Kota Malang, blok-a.com – Banyak yang mendorong Rektor Universitas IBU, Dr Nurcholis Sunuyeko MSi untuk maju sebagai Calon Wali Kota Malang (Cawalkot) Malang di Pilkada 2024.

Dorongan itu pun berasal dari berbagai kalangan karena pengalamannya di bidang akademik.

Menanggapi dorongan maju sebagai Calon Wali Kota Malang, Sam Rektor sapaan akrabnya berterimakasih.

Namun, dia akan mengurungkan niatnya untuk maju sebagai Calwakot Malang di Pilkada 2024, jika ada dua nama maju juga. Dua nama itu adalah Sutiaji, dan Abah Anton.

“Saya berterimakasih dukungannya. Namun saya akan mengurungkan niat jika Sutiaji dan Abah Anton dan beberapa nama tokoh lainnya maju juga,” tuturnya dikonfirmasi, Sabtu (23/3/2024).

Sam Rektor mengatakan, alasannya mengurungkan niat jika dua sosok itu maju karena dua sosok itu dinilainya mempunyai pengalaman.

Tak hanya itu, dua sosok itu juga dinilainya mempunyai logistik yang mumpuni untuk maju di Pilkada 2024 sebagai Cawalkot Malang.

“Beliau-beliau punya pengalaman dan juga logistiknya mantap,” kata dia.

Nama Sam Rektor sebelumnya dikabarkan juga mencuat di bursa calon N1. Salah satu partai dikabarkan telah menjalin komunikasi dengan Sam Rektor untuk maju di Pilkada 2024. Nama Selain nama Sam Rektor, juga terdapat pula nama seperti Heri Cahyono sebagai penggagas Malang Jejeg dan juga Staf Ahli Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik Setda Kota Malang Tabrani.

Sebagai informasi, Sutiaji sendiri adalah calon incumbet jika dia maju sebagai Cawalkot Malang di Pilkada 2024 ini. Sebab dia sebelumnya terpilih di Pilkada 2018 sebagai Wali Kota Malang berpasangan dengan Sofyan Edi Jarwoko.

Karier organisasi Sutiaji mengawalinya di lingkungan Nahdlatul Ulama. Dia mengawali sebagai sekretaris MWC NU Lowokwaru, lalu menjadi wakil sekretaris NU Cabang Kota Malang, dan akhirnya menempati posisi wakil ketua NU Cabang Kota Malang (2011-2016).

Untuk karier politik, Sutiaji dipercaya menjadi wakil ketua DPC PKB Kota Malang 2013-2018, dan amanah berlanjut menjadi Ketua Fraksi PKB di DPRD Kota Malang. Melalui partai ini pula dia mencalonkan diri sebagai wakil wali kota Malang bersama HM Anton, berkoalisi dengan Partai Gerindra., hingga Anton–Sutiaji berhasil menjadi wali kota dan wakil wali kota Malang periode 2013-2018.

Sementara Abah Anton adalah Wali Kota Malang periode 2013 hingga 2018. Dia menjadi Wali Kota Malang setelah menang dengan pasangannya Sutiaji sebagai Wakil Wali Kota Malang.

Selain sebagai politikus, Abah Anton juga merupakan pengusaha sukses di Kota Malang. (bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?