Ini Akses Jalan Menuju ke Candi Badut Kota Malang

Siapa yamg tidak mengenal Candi Badut sebelumnya? Candi Badut adalah salah satu candi Hindu yang terletak di Kota Malang.
Siapa yamg tidak mengenal Candi Badut sebelumnya? Candi Badut adalah salah satu candi Hindu yang terletak di Kota Malang.

 

Kota Malang, Blok-a.com – Candi Badut adalah destinasi historis di Kota Malang. Candi ini adalah sebuah candi Hindu yang terletak di Kota Malang, Jawa Timur.

Candi Badut berada di Jalan Raya Candi V blok D, Doro, Karangwidoro, Kecamatan Dau, Kota Malang. Jam kunjungnya mulai dari jam 7 pagi hingga 4 sore.

Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-8, pada masa Kerajaan Kanjuruhan. Candi Badut merupakan candi tertua di Jawa Timur dan merupakan salah satu situs bersejarah penting di Indonesia. Nah, berikut ini cara berkunjung ke Candi Badut Kota Malang.

Dari Stasiun Kotabaru Malang

Stasiun Kotabaru Malang adalah pemberhentian akhir dari semua rute kereta api. Apabila datang luar kota menggunakan stasiun kota Malang, bisa langsung turun di stasiun ini.

Stasiun ini lebih sering disebut Stasiun Malang Kotabaru untuk membedakannya dengan Stasiun Malang Kotalama yang usianya lebih tua. Stasiun yang beroperasi sejak 1941 ini memiliki 12 jalur aktif untuk perjalanan dari dan ke Jakarta, Bandung, serta Surabaya.

Dari stasiun ini, bisa langsung menggunakan ojek pribadi atau dijemput dengan kawan. Estimasi lama perjalanan, apabila menggunakan mobil selama 20 hingga 30 menit. Sementara sepeda motor 15 hingga 25 menit. Jarak tempuh diperkirakan 6,3 Km.

Pertama-tama, ambil arah selatan di Jalan Kertanegara hingga Jalan Majapahit. Ikuti Jalan Majapahit hingga bertemu Jalan Jenderal Basuki Rahmat.

Kemudian, belok kiri ke Jalan Jenderal Basuki Rahmat hingga bertemu Jalan Semeru. Ikuti Jalan Semeru hingga bertemu Jalan Besar Ijen. Setelah itu belok kiri dan jalan terus lurus hingga ke Jalan Raya Tidar. Ambil arah ke Jalan Puncak Mandala.
Dari sini sebenarnya sudah dekat dengan pintu masuk Candi Badut. Di sana juga terdapat penjaga yang siap membantu.

Namun, pengunjung bksa terus mengikuti jalan Puncak Mandala hingga menemukan Puncak Yamin. Kemudian, langsung belok kiri ke Jalan Raya Candi V blok D.

Menggunakan Transportasi Umum (Angkot)

Menuju Candi Badut juga bisa menggunakan angkutan umum (angkot) lho. Pengunjung bisa menunggu di sekitar hotel Tugu tiap jam 6 pagi hingga 4 sore untuk angkot jalur AT (Arjosari Tidar)Jam yang sama juga dilewati oleh angkot jurusan MK (Madyopuro Karangbesuki).

Ambil angkot AT yang akan berjalan ke arah Jalan Raya Tidar, atau pilih angkot MK akan melewati Jalan Raya Candi VD. (mg2/)