Bukan Singosari, Melainkan 3 Wilayah ini Jadi Kecamatan Miliki Ponpes Terbanyak di Kabupaten Malang

Caption : Ilustrasi santri di Ponpes Bululawang Malang (Blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)
Caption : Ilustrasi santri di Ponpes Bululawang Malang (Blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)

Kabupaten Malang, blok-a.com – Selain dikenal sebagai kota wisata alam, Kabupaten Malang juga banyak dikenal dengan wisata religinya. Terbukti dari jumlah Pondok Pesantren (Ponpes) yang dinilai cukup besar di Kabupaten Malang. Khususnya, berada di sejumlah kecamatan tertentu.

Sekadar diketahui, Kecamatan Singosari dijuluki dengan kota santri. Sebab, terdapat sejumlah Ponpes dengan jumlah santri yang cukup besar di Kelurahan Pangetan. Tak heran, jika masyarakat menganggap Singosari meniliki jumlah Pesantren terbesar di Kabupaten Malang.

Rupanya julukan tersebut salah, sebab menenut data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Malang, Singosari bukan termasuk wilayah yang memiliki Ponpes terbanyak di Kabupaten Malang.

Berikut, Blok-a.com beberkan tiga kecamatan yang memiliki Ponpes dan tempat ibadah umat muslim terbanyak di Kabupaten Malang.

1. Kecamatan Gondanglegi

Urutan pertama yakni Kecamatan Gondanglegi. Menurut data BPS Kabupaten Malang tahun 2020, Gondanglegi memiliki Ponpes mencapai 102 tempat.

Kandati demikian, jumlah tersebut sempat naik turun dalam tiga tahun terakhir. Di tahun 2019, angka Ponpes di Kecamatan Singosari mencapai 105 Ponpes, angka tersebut naik pesat dari tahun sebelumnya yakni sebesar 101 Ponpes.

Selain Ponpes, jumlah masjid dan musolla di Kecamatan Gondanglegi juga cukup besar. Di tahun 2020, jumlah masjid mencapai 73 sedangkan jumlah musolla mencapai 686 bangunan.

2. Kecamatan Bululawang

Kecamatan Bululawang menjadi wilayah yang memiliki jumlah ponpes terbesar kedua di Kabupaten Malang. Menurut data BPS tahun 2020, jumlah ponpes di Kecamatan Bululawang mencapai 38 tempat yang tersebar di 14 desa dan kelurahan.

Jumlah tersebut memiliki selisih yang cukup besar dibandingkan Kecamatan Gondanglegi, jika dirincikan terdapat perbandingan lebih dari 50 persen.

Sementara itu, untuk perkembangan Ponpes di Kecamatan Bululawang hampir sama dengan Kecamatan Gondanglegi. Bululawang juga mengalami jumlah yang naik turun di tiga tahun terakhir.

Sementara itu, di tahun 2019 Kecamatan Bululawang memiliki jumlah Ponpes mencapai 41 sedangkan di tahun 2018 sebesar 39 ponpes.

Selain Ponpes, jumlah masjid dan musolla di Kecamatan Bululawang juga cukup besar. Menurut data BPS tahun 2020, jumlah masjid mencapai 61 sedangkan jumlah musolla mencapai 421 bangunan.

3. Kecamatan Bantur

Kecamatan Bantur menjadi wilayah terbesar ke tiga di Kabupaten Malang. Menurut data BPS 2020, Kecamatan Bantur memiliki jumlah Ponpes mencapai 36 titik yang tersebar di 10 desa.

Jumlah tersebut memiliki selisih yang cukup tipis dibandingan dengan Kecamatan Bululawang. Kendati demikian, ketiga kecamatan ini memiliki perkembangan yang hampir mirip.

Sebab, ada jumlah naik turun di tiga tahun terakhir. Di tahun 2019, Kecamatan Bantur memiliki 41 ponpes, angka tersebut sempat melejit dari jumlah sebelumnya yakni 37 ponpes.

Kendati demikian, dibandingkan dengan dua kecamatan sebelumnya, Bantur memiliki jumlah tempat ibadah umat muslim terbesar yakni dengan jumlah masjid sebesar 104 dan musolla mencapai 493 titik.

Berikut ketiga kecamatan yang memiliki Ponpes terbesar di Kabupaten Malang menurut data BPS, jumlah tersebut dimungkinkan akan bertambah maupun berkurang sesuai dengan update di lapangan. (ptu/bob)