Ini Tiga Wilayah Terluas di Kabupaten Malang, Semuanya di Bagian Selatan

Caption : Peta wilayah Kabupaten Malang (Sumber : DPMPTSP Kab Malang)
Caption : Peta wilayah Kabupaten Malang (Sumber : DPMPTSP Kab Malang)

Kabupaten Malang, blok-a.com – Kabupaten Malang merupakan wilayah terluas kedua setelah Kabupaten Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur (Jatim). Dengan luas wilayahnya mencapai 3.530 kilometer dari luas wilayah Jatim sebesar 42.803 kilometer.

Kabupaten Malang merupakan daerah yang berada di sisi selatan Provinsi Jatim yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Blitar, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Pasuruan.

Tak hanya dinobatkan menjadi daerah terluas kedua di Jatim, Kabupaten Malang juga menjadi Kabupaten terluas ke empat di Pulau Jawa.

Potensi alam yang ada di Kabupaten Malang juga cukup melimpah, mulai dari sektor pariwisata, perkebunan, pertanian, perikanan dan kelautan.

Menurut data Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang memiliki 33 kecamatan, 378 desa dan 12 kelurahan. Masing-masing kecamatan memiliki luas wilayah yang berbeda pula.

Berikut Blok-a.com jabarkan tiga wilayah terluas di Kabupaten Malang, menurut data BPS Kabupaten Malang 2020, masing-masing kecamatan memiliki luas lebih dari 100 kilometer.

1. Kecamatan Sumbeanjing Wetan

Wilayah terluas urutan pertama yakni Kecamatan Sumbermanjing Wetan dengan luas wilayah mencapai 239,49 kilometer. Dengan jumlah penduduk di tahun 2020 mencapai 89.928 ribu jiwa.

Kecamatan Sumbermanjing Wetan memiliki 15 desa, diantaranya yakni Desa Argotirto, Druju, Harjokuncaran, Kedungbanteng, Klepu, Ringinkembar, Ringinsari, Sekarbayu, Sidoasri, Sitiarjo, Sumberagung, Sumbermanjing Wetan, Tambaksari, Tambakrejo, Tegalrejo.

Letak geografis Kecamatan Sumbermanjung berada di sisi selatan Kabupaten Malang, yang mana berbatasan langsung dengan Kecamatan Gedangan dan Turen di sisi utara.

Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia, sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Dampit dan Tirtoyudo, sementara itu di sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Pagelaran.

Karena berbatasan langsung dengan pesisir pantai, potensi yang paling unggulan di kecamatan ini adalah perikanan dan kelautan. Selain itu, ada juga pertanian dan perkebunan seperti kopi, kepala, pisang, jagung, tebu dan lain sebagainya.

2. Kecamatan Donomulyo.

Wilayah terluas kedua di Kabupaten Malang yakni Kecamatan Donomulyo dengan luas memcapai 193,60 kilometer. Dengan jumlah penduduk di tahun 2020 sebanyak 62.585 jiwa.

Kecamatan Donomulyo memiliki 10 desa, diantaranya yakni Desa Banjarejo, Donomulyo, Kedungsalam, Mentaraman, Purwodadi, Purworejo, Sumberboto, Tempursari, Tlogosari, Tulungrejo.

Letak geografis Kecamatan Donomulyo terletak di sebelah selatan Kabupaten Malang, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Blitar di sisi sebelah barat. Berbatasan dengan Samudra Hindia di sebelah selatan dan Kecamatan Pagak di sisi timur serta Kecamatan Kalipare di sisi utara.

Memiliki luas wilayah yang cukup besar, potensi yang ada di Kecamatan Donomulyo tak berbeda jauh dengan Kecamatan Sumbermanjing.

Namun, yang lebih mendominasi yakni sektor pertanian dan perkebunan.

Hal tersebut didasarkan dengan adanya wilyah petanahan yang dimanfaatkan untuk perkebunan seperti tebu, sengon, jati hingga perkebunan kelapa.

3. Kecamatan Bantur

Siapa sangka Kecamatan Bantur menjadi wilayah terluas ketiga di Kabupaten Malang ? Kecamatan Bantur memiliki luas wilayah mencapai 159,15 kilometer dengan jumlah penduduk di tahun 2020 mencapai 68.824 jiwa.

Bahkan, jumlah penduduk di Kecamatan Bantur melebihi jumlah penduduk yang berada di Kecamatan Donomulyo. Dengan seisih mencapai lebih dari 6 ribu jiwa.

Kecamatan Bantur memiliki 10 Desa, diantaranya yakni Desa Bandungrejo, Bantur, Karangasri, Pringgodani, Rejosari, Rejoyoso, Sumberbening, Srigonco, Wonokerto dan Wonorejo.

Letak geografis Kecamatan Bantur berbatasan langsung dengan Samudra Hindia di sisi selatan, di sisi barat berbatasan dengan Kecamatan Pagak dan Donomulyo. Di sisi sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Pagelaran dan sisi timur berbatasan dengan Kecamatan Gedangan.

Ketiga wilayah diatas memiliki potensi yang hampir sama, karena keseluruhannya berbatasan dengan laut lepas maka potensi yang cukup mendominasi yakni perikanan dan kelautan.

Menariknya, di Kecamatan Bantur potensi perikanannya cukup beragam, yakni mulai dari Gurita, Cumi-cumi, Lobster, Tuna, Kakap dan ikan laut lainnya.

Sementara itu, potensi sektor pertanian dan perkebunan meliputi singkong, tebu, kelapa, pisang, alpukat, sirsat dan coklat awrta sawit.

Berikut ketiga wilayah terluas di Kabupaten Malang dengan potensi cukup beragam di setiap wilayahnya. (ptu)