Waktu Pendaftran Anggota PPS di Pilkada Malang Diperpanjang

Ilustrasi PPK di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat Pemilu 2024 lalu (blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)
Ilustrasi PPK di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat Pemilu 2024 lalu (blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)

Kabupaten Malang, blok-a.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang perpanjang pendaftaran calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. 

Perpanjangan waktu tersebut dilakukan lantaran sebanyak 279 desa/kelurahan belum penuhi kuota yang syaratkan. 

Perlu diketahui, untuk menyelenggarakan Pilkada serentak 2024, Kabupaten Malang memerlukan kuota sebanyak 1.170 orang PPS. Dengan rincian, sebanyak 3 PPS di satu desa. Sementara itu Kabupaten Malang memiliki 390 desa/kelurahan. 

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, KPU Kabupaten Malang menerangkan, perpanjangan waktu dilakukan pada 9 hingga 11 Mei mendatang. 

“Perpanjangan selama tiga hari, dikarenakan kuota di 279 desa/kelurahan belum terpenuhi,” ujar Mahardika saat dikonfirmasi Blok-a.com, Kamis (9/5/2024). 

Lebih lanjut, Dika menjelaskan, kuota pendaftaran yang diperlukan yakni sebanyak 2 kali kebutuhan sebanyak 1.170 . Artinya, ada sebanyak 2.340 kuota yang harus dipenuhi dalam proses pendaftaran. 

Jumlah tersebut kemudian dilakukan penyeleksian melalui berbagai seleksi, baik seleksi administrasi, seleksi tertulis berbasis Computer Assisted Test (CAT) hingga seleksi wawancara. 

“Jadi di 297 desa/kelurahan itu pendaftarnya belum sampai 6, karena kebutuhannya 3 dan selanjutnya akan dilakukan penyeleksian,” jelasnya. 

Jika dalam waktu tiga hari belum juga terpenuhi, sambung Dika, maka pendaftaran akan dibuka kembali selama tiga hari. 

Jika dalam waktu perpanjang tahap kedua belum juga terpenuhi, maka pendaftaran akan ditutup. Hal tersebut dilakukan sesuai dengan Keputusan Ketua KPU No. 476 Tahun 2022 tentang pedoman teknis Pembentukan Badan Adhoc Penyelenggara Pilkada serentak 2024. 

“Dibuka lagi perpanjangan 3 hari jika blm terpenuhi pendaftar sesuai kebutuhan,” pungkasnya. (ptu)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?