Pj Wali Kota Malang Pimpin Kerja Bakti Bersih Sungai di Kelurahan Bareng dalam Program Prokasih

Pj Wali Kota Malang Pimpin Kerja Bakti Bersih Sungai di Kelurahan Bareng dalam Program Prokasih
Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat saat di bazar Kelurahan Bareng dalam Prokasih, Minggu (3/12/2023) (blok-a/Agus D)

Kota Malang, blok-a.com – Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat turun ke lapangan dalam kerja bakti warga dalam program Kali Bersih atau Prokasih di Kelurahan Bareng Kota Malang, Minggu (3/12/2023).

Wahyu memimpin kerja bakti yang melibatkan sebanyak 250 orang. 250 orang itu berasal dari berbagai unsur seperti TNI, Polri, BPBD Kota Malang, DLH Kota Malang, PMI Kota Malang, Satlinmas Kelurahan Bareng dan Masyarakat Kelurahan Bareng.

Prokasih sendiri bertujuan untuk menangani masalah lingkungan khususnya di wilayah Kelurahan Bareng Kota Malang. Masyarakat diajak untuk mencintai lingkungan dengan tidak membuang sampah di sungai ataupun membuang sampah di sungai lagi. Alhasil, harapannya banjir ataupun masalah lingkungan tidak ada lagi.

Selain itu kegiatan ini juga bertujuann mempererat hubungan antara TNI, Polri, Masyarakat dan Pemerintah dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Sebelum melakukan giat kerja bakti ini, semua yang mengikuti Prokasih berkumpul di Pasar Bareng yang terletak di jalan Terusan Ijen Kekurahan Bareng Kecamatan Klojen Kota Malang.

Wahyu mengatakan , dalam menghadapi musim penghujan dengan intensitas yang tinggi , Kota Malang pasti akan menyebabkan sejumlah titik mengalami banjir karena beberapa aliran sungai meluap atau kurang lancarnya drainase

“Ini yang perlu kita evaluasi bersama mengingat beberapa wilayah di Kota Malang dilewati aliran sungai maka perlu langka dan baik strategis salah satunya dengan cara rutin membersihkan aliran sungai bagaimana yang telah dilaksanakan oleh masyarakat kelurahan bareng pada hari ini,” ujar Wahyu kepada blok-a.com , Minggu (3/12/2023).

Diungkapkan Wahyu, dalam kegiatan Prokasih ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan dorongan kepada masyarakat khususnya yang berdomisili di sekitar daerah sungai agar selalu menjaga kebersihan, tidak membuang sampah serta limbah di sungai.

“Kami menghimbau pada masyarakat agar tetap menjaga air tetap bersih tidak menimbulkan penyakit sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” imbau Wahyu.

Pj Wali Kota Malang Pimpin Kerja Bakti Bersih Sungai di Kelurahan Bareng dalam Program Prokasih
Pj Wali Kota Malang Pimpin Kerja Bakti Bersih Sungai di Kelurahan Bareng dalam Program Prokasih

Selain menggelar kerja bakti di sungai, dalam Prokasih juga terdapat gelaran bazar UMKM. Wahyu pun terkesan akan produk-produk UMKM di Kelurahan Bareng Kota Malang.

Disamapaikannya, UMKM merupakan salah satu sektor yang mendorong ekonomi di Kota Malang.

“ini menjadi modal dasar Pemerintah Kota Malang untuk lebih menguatkan peran UMKM sekaligus industri kreatif yang memiliki andil besar bagi terwujudkan peningkatan perekonomian.” jelasnya .

Atas antusias kerja bakti membersihkan sungai dan bazar UMKM yang ramai, kata Wahyu, hal ini membuktikan bahwa masyarakat Kelurahan Bareng  peduli dan ikut berpartisipasi dalam peningkatan pembangunan Kota Malang khususnya di bidang sosial dan ekonomi

“Saya ingin mengajak kepada kita semua untuk menguatkan kerjasama dan menjalin kekuatan untuk memajukan Kota Malang tercinta ini dan mewujudkan pembangunan Kota Malang yang baik,” ujar Wahyu lagi .

Disamping itu Wahyu juga mengingatkan memasuki kampanye pemilu 2024 untuk saling menghormati dan menghargai pendapat serta pandangan orang lain . Jaga kondisi dan kita kawal bersama pelaksanaan Pemilu damai 2024 di Kota Malang.

“Gunakan suara Bapak Ibu sekalian dengan sebaik-baiknya karena satu suara saja akan menentukan masa depan bangsa yang tentukan akan berdampak pula pada Pembangunan Daerah , khususnya Kota Malang ini ,” pungkasnya. (mg1/bob)