Wisuda Tidak Wajib Digelar di Sekolah-Sekolah Kota Malang

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang Suwarjana. (blok-a.com/Satria Akbar)
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang Suwarjana. (blok-a.com/Satria Akbar)

Kota Malang, blok-a.com – Sekolah-sekolah di Kota Malang tidak diwajibkan menggelar pesta wisuda.

Pesta wisuda yang ada di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD dan SMP di Kota Malang adalah bersifat sunnah. Artinya jika tidak dilaksanakan tidak mengapa.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Suwarjana menjelaskan, wisuda di SD dan SMP tidak ada larangan dan tidak ada anjuran.

“Terkait dengan wisuda dari Dinas Pendidikan Kota Malang sendiri tidak melarang dan tidak menganjurkan untuk wisuda,” kata dia dikonfirmasi usai upacara Hari Pendidikan Nasional di Balai Kota Malang, Kamis (2/5/2024).

Suwarjana menambahkan, jika memang ada sekolah di Kota Malang menggelar wisuda, prinsipnya harus inisiatif dari wali murid.

Semua dari panitia hingga penyelenggara harus berada di tangan wali siswa atau komite. Sekolah tidak diperbolehkan untuk berada di dalam penyelenggara.

“Wisuda kami serahkan kepada wai siswa. Sekolah tidak boleh ikut campur, kalau memang ada wisuda silahkan, tapi yang menangani wali siswa dan komite,” kata dia.

Sementara itu, jika nantinya ada salah satu wali murid yang tidak mampu membayar biaya wisuda, maka wisuda tidak bisa diselenggarakan.

Prinsipnya, kata Suwarjana, wisuda itu harus satu ikut semua ikut.

“Prinsip kami dalam satu sekolah satu ikut wisuda semua harus ikut wisuda, kalau satu tidak ikut jadi semua tidak wisuda,” tutupnya.

Sebagai informasi, wisuda yang bersifat tidak wajib di sekolah-sekolah Kota Malang itu berdasarkan SE

Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Nomor 14 Tahun 2023 tentang Kegiatan Wisuda pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini, Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar, Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Menengah Pertama dan Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Menengah Atas.

Dalam SE tersebut salah satunya dijelaskan bahawa fenomena wisuda tidak harus memberatkan wali murid dan wisuda bersifat tidak wajib dilaksanakan. (bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?