Akibat Debit Air Menurun, 200 KK di Kepanjen Malang Kekurangan Air Bersih

Pendistribusian air bersih di Dusun Pepen, Desa Mojosari, Kabupaten Malang (dok. Polres Malang for blok-a.com)
Pendistribusian air bersih di Dusun Pepen, Desa Mojosari, Kabupaten Malang (dok. Polres Malang for blok-a.com)

Kabupaten Malang, blok-a.com – Warga Dusun Pepen, Desa Mojosari, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang mengalami krisis air bersih beberapa hari terakhir. Setidaknya ada 200 kepala keluarga (KK) terdampak, akibatnya mereka membutuhan bantuan pasokan air bersih untuk keperluan sehari-hari.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Desa Mojosari, Abdul Ghofur. Ia menerangkan, krisis air tersebut disebabkan adanya pembenahan Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (Hippam) yang mengakibatkan penurunan debit air di salah satu wilayah di Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut.

“Alat PAM-nya (Hippam) masih di benahi karena rusak. Jadi warga mengalami kekurangan atau keterbatasan air bersih yang digunakan sehari-hari,” terang Abdul Ghofur saat dikonfirmasi, Selasa (20/2/2024).

Ditambahkan Ghofur sapaan akrabnya, proses pembenahan mulai dilakukan hari ini. Yang mana pemebahan ditargetkan segera rampung beberapa hari kedepan.

“Perkiraan (kerusakan) sudah sejak Minggu (18/2). Jadi harus minta bantuan penyaluran air. Kemungkinan hari kamis selesai,” ujarnya.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, sejumlah bantuan darurat melalui pendistribusian air bersih di datangkan. Salah satu bantuan tersebut datang dari Polres Malang.

Kasubsipenmas Humas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara menjelaskan, bahwa pendistribusian air bersih di wilayah Dusun Pepen dilakukan sejak kemarin, pada Senin (19/2/2024).

Lebih lanjut, kata Dicka, air bersih tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mencuci dan memasak.

“Pendistribusian dilakukan menggunakan truk tangki air berkapasitas 4.000 liter, yang telah mengirimkan bantuan air bersih kepada warga Dusun Pepen itu sejak 19 Februari 2024,” ujar Dicka, Selasa (20/2/2024).

Sejuah ini, Polres Malang telah mengirimkan 3 tanki untuk membantu pemenuhan air bersih. Pendistribusian tersebut akan terus dilakukan hingga pembenahan Hippam rampung.

“Hingga saat ini, sudah tiga tangki air bersih didistribusikan kepada warga, dengan rencana pendistribusian akan berlanjut hingga beberapa hari ke depan,” kata dia.

 

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?