Reklame Capres Cawapres ‘Gemoy’ Mulai Hiasi Jalan Kepanjen Malang

Pengguna jalan tengah mengabadikan momen di depan reklame kampanye di Jalan Raya Pepen, Kepanjen, Kabupaten Malang (blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)
Pengguna jalan tengah mengabadikan momen di depan reklame kampanye di Jalan Raya Pepen, Kepanjen, Kabupaten Malang (blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)

 

Kabupaten Malang, Blok-a.com – Reklame calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) menggunakan gambar kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI), mulai bermunculan di Kepanjen, Kabupten Malang sejak hari pertama masa kampanye, Selasa (28/11/2023) kemarin.

Nampak nyentrik dibandingkan pasangan calon (paslon) nomor urut satu dan tiga, gambar capres dan cawapres pasangan Prabowo dan Gibran ini berwajah nampak kartun dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI).

Gambar Prabowo-Gibran di reklame yang mulai tersebar di Kabupaten Malang itupun nampak gemas atau istilah kekiniannya gemoy.

Perlu diketahui, AI merujuk pada kemampuan mesin untuk meniru atau meniru kecerdasan manusia. Ini mencakup berbagai teknik dan metode yang memungkinkan komputer untuk memahami, belajar, dan mengambil keputusan berdasarkan data yang diberikan.

Lebih lanjut, dalam reklame tersebut, selain menampakkan gambar Prabowo-Gibran yang gemoy, juga dicantumkan sejumlah program unggulan yang akan diusung.

Pemasangan reklame nyentrik tersebut mendapat respon dari sejumlah masayatakat. Beberap diantaranya merasa ‘salfok’ alias salah fokus saat melihat reklame yang beda dari biasanya.

Hal tersebut dikatakan oleh salah satu pengguna jalan, Luluk Isnainiyah (27). Ia mengatakan, sempat dibuat salah fokus dengan adanya baliho pasangan calon nomor urut dua tersebut.

“Unik ya, beda dengan yang lain. Tadi sempat salfok karena belum banyak yang buat gambar gemoy seperti ini,” ujar Luluk saat ditemui di Jalan Raya Kepanjen, Rabu (29/11/2023).

Luluk mengatakan, ia melihat gambar paslon gemoy tersebut di sepanjang jalan raya Kepanjen-Pakisaji, Kabupaten Malang.

“Ada melihat beberapa tadi, sepanjang Jalan Kepanjen menuju Pakisaji, ada sekitar 10 kalau gak salah,” ujarnya.

Ia menilai, cara kampanye paslon nomor urut dua ini terkesan cukup unik dan inovatif. Dengan memilih gambar kartun, ia mengaku kampanye tersebut lebih terkesan riang gembira.

“Kampanyenya cukup unik ya kreatif, lebih santai dan lebih ringan saja,” katanya.

Sementara itu, Kordiv Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Malang, Abdul Allam Amrullah mengatakan, pemasangan reklame dan spanduk kampanye bisa dimulai pada 28 November 2023, kemarin.

Kendati demikian, ada sejumlah titik yang tidak diperbolehkan untuk pemasangan baliho maupun reklame kampanye. Diantaranya yakni di sekitar tempat ibadah, instansi pendidikan, kantor pemerintahan, serta kantor maupun gedung milik pemerintah.

“Termasuk tidak boleh memasang spanduk dan baliho kampanye didekat rambu rambu jalan utama. Minimal harus berjarak 25 meter dari rambu rambu jalan. Selebihnya silahkan memasang baliho,” tegas Alam, Selasa (28/11/2023) kemarin.

Dikatakan Alam, sampai sejauh ini jadwal kampanye yang sudah diperbolehkan yakni pemasangan spanduk dan baliho Capres-Cawapres, peserta Pileg 2024.

“Yang tidak boleh kampanye hari ini adalah kampanye berbentuk rapat umum dan kampanye iklan di seluruh media,” pungkasnya. (ptu/bob)