Terobosan Caleg Muda DPR RI dari Malang, Janji Transparansi Gaji untuk Kepentingan Dapil

Terobosan Caleg Muda DPR RI dari Malang, Janji Transparansi Gaji untuk Kepentingan Dapil
Caleg DPR RI Dapil Malang, Asandra Salsabila (blok-a/bob)

Kota Malang, blok-a.com – Asandra Salsabila, calon legislatif (caleg) muda potensial Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) daerah pilihan (dapil) Malang Raya, baru-baru ini memasuki dunia politik untuk Pemilu 2024.

Berada di bawah naungan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Asandra menyatakan ketertarikannya untuk terjun dalam dunia politik setelah bekerja di berbagai industri selama lima tahun terakhir, mulai dari sektor perbankan, startup, hingga farmasi global.

Dari pengalamannya, wanita kelahiran tahun 1999 ini memiliki pengalaman dan keahlian yang luas di bidang data, khususnya big data, business intelligence, data analytics, dan data science.

Dalam mengarungi dunia politik, Asandra Salsabila mengutamakan transparansi, termasuk dengan rencana mempublikasikan gaji dan tunjangan yang diterimanya secara terbuka di media sosial jika terpilih untuk duduk di Senayan.

“Kami punya program hidup berkah. Jadi gaji dan tunjangan akan saya tampilkan di sosmed dan seraatus persen itu untuk kepentingan dapil (Malang Raya),” ungkapnya saat ditemui awak media di Malang, Jawa Timur, pada Kamis, 30 November 2023.

Untuk Pemilu 2024, Asandra memiliki beberapa program yang diusung, salah satunya adalah advokasi untuk perluasan lapangan kerja. Dalam hal ini, inisiatif yang dicanangkan oleh Asandra adalah pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bagi pemuda di wilayah Malang Raya.

Hal ini ia buktikan dari rencananya untuk menyelenggarakan kompetisi UMKM bagi pemuda di Malang Raya. Kompetisi ini terbuka lebar bagi para pemuda yang ingin mengembangkan ide atau produk UMKM-nya, dan dijadwalkan berlangsung dari Desember 2023 hingga Januari 2024 itu.

“Tak harus sudah punya produk, baru ide UMKM juga boleh mengikuti kompetisi ini. Nantinya akan bantu pengembangannya,” tuturnya.

Lewat kompetisi tersebut, Asandra juga menyatakan niatnya untuk menghubungkan pelaku UMKM muda dengan investor untuk membantu mereka mengembangkan bisnis mereka. Bahkan ia sedang menyiapkan program pelatihan Bahasa Inggris agar produk lokal Malang Raya dapat menembus pasar global.

“Kami juga ingin stop judi online dengan dialihkan ke pelatihan usaha. Kami juga akan menggelar kompetisi kakang mbakyu untuk memajukan agritourism, UMKM, pertanian dan peternakan di desa-desa,” tambahnya. (mg3/bob)