3 Rekomendasi Pemandian Air Panas di Kota Batu, Malang, Cocok Buat Hangatkan Badan di Dinginnya Suhu

Pemandian air panas Cangar. (dok. Tahura Raden Soerjo)
Pemandian air panas Cangar. (dok. Tahura Raden Soerjo)

Kota Batu, blok-a.com – Kota Batu, Malang terkenal akan suhu dinginnya. Namun tak perlu khawatir jika Anda kedinginan saat di Kota Batu, Malang karena ada pemandian air panas.

Pemandian air panas ini akan menghangatkan tubuh Anda di dinginnya Kota batu.

Terdapat sejumlah pemandian air panas di Kota Batu, Malang yang bisa masuk list Anda saat berwisata.

Berikut ini adalah rekomendasinya:

1. The Onsen Hot Spring Resort

The Onsen Hot Spring Resort sendiri beralamat di Jalan Arumdalu No. 98, Songgokerto, Kota Batu, di area persewaan villa Songgoriti.

Melansir keterangan resminya, The Onsen Hot Spring Resort menawarkan Genkin Onsen untuk pengunjung yang ingin berendam air panas.

Beroperasi hanya setiap weekend, mulai Jumat sampai Minggu pukul 14.00 sampai 17.00 WIB, tarif normal Genkin Onsen Rp150 ribu, sedangkan harga promo cuma Rp75 ribu per orang.

Apabila ingin menginap, The Onsen Resort telah menyiapkan 25 villa, juga dengan tema Jepang. Ada villa dengan 2 kamar dan 3 kamar yang nyaman dan punya fasilitas lengkap. Jika tertarik, pelancong bisa melakukan reservasi via online travel agent (OTA) seperti Traveloka dengan tarif mulai Rp 2 jutaan per malam.

2. Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian air panas Cangar adalah yang paling terkenal di Kota Batu, Malang. Pemandian ini sudah terkenal tidak hanya di Malang Raya, tapi juga Jawa Timur.

Lokasinya berada di Tulungrejo, Sumber Brantas, Bumiaji, Kota Batu. Saat ini cukup mudah untuk ke Pemandian Air Panas Cangar karena dilalui bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Mojokerto-Batu.

Selain kolam air pans untuk umum, Pemandian Air Panas sekarang telah memiliki fasilitas kolam rendam VIP.

Ini adalah kolam rendam keluarga yang dapat menampung hingga 8 orang. Total ada 7 kolam rendam VIP dengan kapasitas 6 sampai 8 orang dewasa. Jika dengan anak-anak, maka kapasitasnya tentu saja bisa lebih banyak.

Untuk bisa berendam di tempat ini, wisatawan domestik cukup membayar tiket masuk sebesar Rp22 ribu per orang (termasuk asuransi). Sementara itu, tarif kolam rendam VIP sebesar Rp100 ribu per jam. Pemandian Air Panas Cangar buka setiap Senin sampai Minggu, kecuali Jumat, mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB.

3. . Songgoriti Hot Springs

Rekomendasi lainnya adalah Songgoriti Hot Springs. Lokasinya berada di Jalan Raya Songgoriti Nomor 31, Songgokerto, Kota Batu, Malang. Jika Anda sedang berada di kawasan paralayang Gunung Banyak, Sonngoriti Hot Springs tidaklah jauh. Sementara jika berada di Alun-Alun Kota Batu, Anda hanya membutuhkan waktu 7 menit saja ke pemandian air panas tersebut.

Dilansir dari keterangan resminya, air panas di pemandian ini diambil langsung dari bawah Candi Songgoriti, candi yang konon tertua di Jawa Timur. Ketika berlibur di Songgoriti Hot Springs, Anda tidak cuma merasakan manfaat terapeutik air panas belerang, tetapi juga bisa menikmati kenikmatan kuliner serta menyelami budaya Jawa Timur. Jika hanya berendam dan berenang, harga tiket masuknya cuma Rp 40 ribu per orang saat weekday dan Rp 50 ribu ketika weekend. Sementara itu, apabila mengambil paket makan (termasuk free berendam 8 orang), harga tiketnya Rp 100 ribu. Tempat ini beroperasi pukul 10.00 sampai 22.00 WIB saat weekday dan 08.00 sampai 22.00 WIB ketika weekend. (bob)