Sejarah Taman Makam Pahlawan Untung Suropati di Kota Malang, Dibangun Tahun 1950-an

Kota Malang, Blok-a.com - Taman Makam Pahlawan Untung Suropati di Malang, termasuk salah satu taman makam pahlawan besar di Jawa Timur.
TMP Suropati Kota Malang (foto : Kopasgat TNI AU)

 

Kota Malang, Blok-a.com – Taman Makam Pahlawan (TMP) Untung Suropati di Malang, termasuk salah satu taman makam pahlawan besar di Jawa Timur.

Taman makam ini dibangun pada tahun 1950-an untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam pertempuran melawan penjajah Belanda dan Jepang. Terdapat ribuan pahlawan yang dikebumikan, termasuk Hamid Rusdi.

Lokasi makam tersebut terletak di Jalan Veteran Nomor 8, Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Taman makam ini di dalamnya terdapat sekitar 212 makam para pahlawan.

Dilansir dari berbagai sumber, taman makam ini dirancang oleh Ir. Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia.

Dalam desainnya, Soekarno ingin menciptakan taman makam yang indah dan tertata rapi, namun tetap memiliki nuansa sakral.

Memasuki tahun 2010, banyak bagian dari taman pemakaman ini yang kurang terawat. Sehingga, memasuki tahun 2015 hingga 2017, taman makam ini banyak dibenahi dan revitalisasi. Pemerintah dan aparat TNI juga turut andil dalam perbaikan ini. Sehingga, kini taman tersebut dalam kondisi lebih baik.

Untuk berkunjung, terdapat peraturan yang harus ditaati. Ketika masuk, para peziarah tidak diizinkan untuk bersikap semena-mena. Peziarah harus berdiri dengan sikap sempurna menghadap ke Taman Makam Pahlawan dan memberikan penghormatan.

Kemudian, para pengunjung harus mengisi buku tamu yang terdapat di kantor penjaga. Jangan lupa untuk menyampaikan maksud dan tujuan kepada petugas.

Kemudian, para peziarah diminta untuk menjaga sopan santun. Tidak diizinkan untuk bergurau, mengumpat atau berkata kasar, berteriak dan tindakan gaduh lainnya. Serta, pengunjung harus mengenakan pakaian rapi dan sopan.

Untuk jam kunjung, Taman Makam Pahlawan Untung Suropati dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Hingga kini, Taman Makam Pahlawan (TMP) Untung Suropati masih sering dikunjungi oleh masyarakat Kota Malang dari berbagai lapisan. Biasanya, peziarah akan datang ketika peringatan HUT RI, Hari Pahlawan, dan HUT TNI serentak di Indonesia. (mg2/bob)