5 Kawanan Pelaku Curas Resahkan Warga Kota Malang Dibekuk Polisi

5 Orang kawanan pelaku curas diamankan di Mapolresta Malang Kota (dok: blok-a.com)
5 Orang kawanan pelaku curas diamankan di Mapolresta Malang Kota (dok: blok-a.com)

Kota Malang, Blok-a.com – Lima orang pelaku curas atau pencurian dengan kekerasan berhasil dibekuk Tim Satreskrim Polresta Malang.

Mereka kerap beraksi dengan terlebih dahulu menuduh korban telah melakukan pencurian. Kemudian tuduhan itu dijadikan modus untuk merampas barang berharga milik korban.

Aksi lima kawanan yang masih berusia remaja itu berhasil diungkap Tim Satreskrim Polresta Malang. Ini setelah kedua korbannya melaporkan kejadian yang mereka alami ke SPKT Polresta Malang Kota.

Informasi didapat awak media, berikut identitas 5 orang kawanan ini:

  1. Ahmad Hidayah Rizal (26) warga Jalan Janti Barat, Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun Kota Malang.
  2. M Nur Sukron (21) warga Jalan Kolonel Sugiono VIII, Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun Kota Malang.
  3. Andika Arif Pratama (19) warga Jalan Kolonel Sugiono VIII, Kelurahan Ciptomulyo Kecamatan Sukun, Kota Malang.
  4. Much Amin (22) warga Jalan Kolonel Sugiono VIII, Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang.
  5. Syairullah (20) warga Jalan Kolonel Sugiono 9D, Kelurahan Mergosono, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Kasat Reskrim Polresta Malang Kota, Kompol Danang Yudanto mengatakan penangkapan para pelaku. Ini berawal saat kedua korban yang diketahui bernama Rama Bayu Pratama (24) warga
Jalan Brigjen Slamet Riyadi, Kelurahan/Kecamatan Klojen dan Muchammad Dery Wijaksono (22), warga Jalan Batujajar, Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

5 Orang kawanan pelaku curas diamankan di Mapolresta Malang Kota (dok: blok-a.com)
5 Orang kawanan pelaku curas diamankan di Mapolresta Malang Kota (dok: blok-a.com)

Kedua korban melaporkan aksi para kawanan ini usai mengikuti nonton bareng Timnas Indonesia vs Vietnam pada 26 April 2024 lalu.

“Kelima kawanan ini beraksi di depan Toko Karya Baru, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Korban saat itu usai nonton bareng timnas di Alun-Alun,” kata Kasat Reskrim Polresta Malang Kota, Kompol Danang Yudanto, Senin (13/5/2024).

“Korban ini kemudian dipepet pelaku, lalu dipukul ramai-ramai, 2 hp milik korban diambil,” sambungnya.

Pelaku berhasil ditangkap pada 7 Mei 2024 kemarin. Dari hasil penyelidikan, diketahui bahwa salah satu pelaku hendak kabur ke Flores. Namun sebelum kabur, ia berhasil diamankan Tim Satreskrim Polresta Malang Kota.

“Setelah mengamankan pelaku kemudian mengembang ke pelaku lain. HP ini dijual pada seseorang senilai Rp900 ribu, sehingga setiap orang mendapat Rp180 ribu,” beber Danang .

Danang juga mengimbau masyarakat untuk tidak duduk atau nongkrong di tempat sepi pada malam hari, demi menghindari potensi menjadi target pelaku kejahatan.

Selain itu, apabila ada masyarakat yang mengalami kejadian semacam ini, diharapkan untuk segera melapor ke kantor polisi.

“Biasanya pelaku ini berkeliling dan meyisir jalan untuk mencari target yang random kemudian beraksi ketika ada kesempatan,” pungkasnya.

Akibat perbuatannya, komplotan pemuda ini dijerat psal 365 KUHP subsider pasal 363 KUHP atau pasal 170 KUHP dengan ancaman hukuman penjara maksimal 20 tahun. Penadah barang rampasan juga dikenai pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara. (ags)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?