Nyicipi Keunikan Rujak Bakso di Kota Malang, Harganya Murah

Nyicipi Keunikan Rujak Bakso di Kota Malang, Harganya Murah
Nyicipi Keunikan Rujak Bakso di Kota Malang, Harganya Murah (blok-a/bob)

Kota Malang, blok-a.com – Ada kuliner unik di Kota Malang. Kuliner unik itu berupa rujak yang dicampur bakso, yaitu namanya rujak bakso.

Rujak bakso ini adalah sejenis makanan memadukan antara rujak dan bakso. Bumbu rujak berupa kacang dan petis serta menjes dan sayuran yang nikmat dicampur bakso serta kuahnya yang gurih.

Jadi dalam penampakannya, terdapat semangkok kuah bakso panas berisi satu pentol, mie dan tahu namun ditaburi bumbu rujak lengkap dengan sayuran.

Alhasil, saat makan rujak bakso ini bakal ada sensasi seperti makan rujak namun dihidangkan secara panas. Atau makan bakso yang diberi kuah campuran bumbu rujak.

Untuk menikmati sensasi kuliner unik ini, Anda cukup ke Jalan Mergan Raya Gang 19 Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun Kota Malang.

Lokasinya berada di gang kecil dan berada dekat Masjid Al-Abror. Atau kalau bingung, Anda tanya saja warga sekitar tentang rujak bakso. Pasti warga bakal mengarahkan Anda ke rujak bakso itu.

Saat sudah ke warung rujak bakso itu, jangan kaget kalau menunggu lama untuk memesan rujak bakso. Sebab, satu pelanggan kadang memesan 5 sampai 8 rujak bakso sekaligus untuk dibungkus.

Nyicipi Keunikan Rujak Bakso di Kota Malang, Harganya Murah
Nyicipi Keunikan Rujak Bakso di Kota Malang, Harganya Murah

Seperti blok-a.com saat ke sana. Memang hanya ada 2 pelanggan. Namun untuk menunggu antrean cukup lama yakni kurang lebih setengah jam. Apalagi hanya pemilik rujak bakso Sustri Diamantina (57) dan suami saja yang membuat rujak bakso itu.

Tina, sapaan akrab pemilik menjelaskan, rujak bakso ini hadir sebenarnya sudah sejak dulu di daerah Mergan, Kelurahan Tanjungrejo Kota Malang.

Biasanya dijual memang di gang-gang kecil di Mergan.

Yang beli biasanya adalah anak-anak sekolahan atau warga sekitar. Namun semakin berkembangnya jaman cuma tersisa satu dua saja.

Sementara untuk inspirasi mencampur rujak dan bakso ini adalah dari saudara Tina yang sudah meninggal. Namun Tina tidak bisa menjelaskan bagaimana munculnya ide rujak dicampur bakso itu.

“Karena saudara saya yang jualan rujak bakso ini meninggal kemudian saya gantikan karena disekitar sini tidak ada yang jual rujak bakso,” kata dia ke blok-a.com, Sabtu (28/10/2023).

Tina menambahkan, rujak bakso yang ia jual saat ini terdapag inovasi. Dulu saat saudara Tina jualan, rujak itu hanya dicampur kuah saja.

“Sekarang dikasih pentol u tuk menambah isi macamnya,” kata dia sambil nguleg bumbu rujak.

Satu porsi rujak bakso itu sendiri dihargai Rp 8 ribu. Bu Tina jualan rujak bakso mulai pukul 09.00 sampai 16.00.

Jika penasaran dengan kuliner unik berupa rujak bakso yuk cicipi warung Bu Tina di Kota Malang. (bob)