Bupati Malang Usul Perda Soal Perlindungan Kesenian Bantengan

Kabupaten Malang, blok-a.comBupati Malang, HM Sanusi mengusulkan bahwa harus ada Peraturan Daerah (Perda) khusus kesenian terkait kesenian bantengan.

Isi Perda itu nantinya adalah untuk melindungi kekayaan intelektual berupa budaya atau kesenian khas Malang khususnya Bantengan atau Mberot.

Hal itu diungkapkan Sanusi saat hadir dalam Hari Lahir (Harlah) GP Ansor ke-90 di Pantai Balekambang, Kecamatan Bantur Kabupaten Malang, Sabtu (25/5/2024).

Dalam Harlah ke-90 GP Ansor di Pantai Balekambang itu terdapat festival yang melibatkan ribuan pegiat seni Bantengan.

“Kegiatan festival semacam ini patut diapresiasi. Sehingga, Pemkab Malang bersama masyarakat sama-sama mewadahi kesenian rakyat, yang lagi marak dan digandrungi masyarakat, seperti kesenian Bantengan ini,” ucap Bupati Malang, HM Sanusi, di sela menghadiri Festival 1000 Bantengan, yang digelar GP Ansor Kabupaten Malang, di Pantai Balekambang, Kabupaten Malang, Sabtu (25/5/2024) siang.

Sanusi menjelaskan, hal itu supaya kesenian Bantengan tetap terjaga keaslian dan kekhasannya. Sanusi bilang, eksistensi kesenian tradisional ini harus dijamin dan dilindungi dalam pelestariannya.

“Saya juga minta nanti kepada Sahabat Ansor dan NU Kabupaten Malang, agar kesenian Bantengan ini tetap terlindungi, nanti bisa diusulkan ke DPRD untuk diatur khusus dalam Perda (peraturan daerah). Proses lahirnya perda itu kan juga atas aspirasi masyarakat,” tegas Sanusi.

Dalam perda kesenian yang akan diusulkan nantinya, lanjut Sanusi, akan juga mengatur ketentuan dan tata cara penyelenggaraan dan penyajiannya dalam pertunjukan.

“Bukan berarti dibatasi ya, tetapi lebih diatur tata caranya. Karena kesenian juga terkait pertunjukkannya. Jadi, kita ingin pertunjukan kesenian nanti tetap kondusif, ketika menjadi tontotan dan hiburan,” tutur Sanusi.

Hal serupa juga disampaikan Bupati Malang, di hadapan para seniman dan peserta festival Festival Bantengan, dalam sambutannya, di Pantai Balekambang.

Dalam kesempatan ini, Bupati Sanusi juga menyampaikan terkait komitmen anggaran sebesar Rp 4 miliar untuk mendukung kegiatan kesenian dan kebudayaan. Di akhir sambutannya, Bupati Malang sempat membagikan beberapa kaos bergambar Bantengan kepada peserta Festival Bantengan dan pengunjung. (bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?