Ambulans Puskesmas Pakis Tabrakan dengan Truk di Jalan Raya Asrikaton Malang

Ambulans Puskesmas Pakis ringsek usai bertabrakan dengan truk di jalan raya Asrikaton, Pakis, Malang. (dok. Satlantas Polres Malang)
Ambulans Puskesmas Pakis ringsek usai bertabrakan dengan truk di jalan raya Asrikaton, Pakis, Malang. (dok. Satlantas Polres Malang)

Kabupaten Malang, blok-a.com – Sebuah kecelakaan yang melibatkan mobil Ambulans Public Safety Center (PSC) 119 kembali terjadi di wilayah Kabupaten Malang. Kali ini, ambulans Puskesmas Pakis bertabrakan dengan sebuah truk di perempatan Jalan Raya Desa Asrikaton, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Insiden yang tidak menimbulkan korban jiwa ini terjadi sekitar pukul 20.00 WIB pada Jumat (24/11/2023) malam.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Malang, Ipda Joko Taruna, saat dihubungi oleh blok-a.com, membenarkan kejadian yang melibatkan mobil ambulans Puskesmas Pakis tersebut.

“Iya, benar. Kecelakaan ini melibatkan Mobil Ambulan PSC 119 dengan truk, namun tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam peristiwa ini,” ujar Joko, Sabtu (25/11/2023).

Menurut keterangan Joko, kejadian berawal ketika mobil Ambulans dengan nomor polisi N-1583-EP yang dikemudikan oleh Bambang, warga Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, melaju dari arah Kalisari (selatan) menuju Puskesmas Pakis (timur) dengan kecepatan sedang.

Pengemudi ambulans diduga kurang memperhatikan kondisi jalan ketika hendak berbelok ke arah kanan (ke timur).

Bersamaan dengan itu, dari arah Perumahan Asrikaton (barat), sebuah truk dengan nomor polisi L-8007-UUB hendak berbelok ke arah Wendit (selatan).

“Karena pengemudi ambulans diduga tidak memperhatikan kondisi jalan saat hendak berbelok ke kanan, akibatnya terjadi tabrak samping dengan truk,” tambahnya.

Petugas piket unit Gakkum Singosari yang tiba di lokasi segera melakukan olah TKP dan mengamankan kedua kendaraan yang terlibat.

“Kasus kecelakaan ini sedang ditangani oleh unit Gakkum Satlantas Polres Malang dan penyebab pasti kecelakaan ini masih dalam proses penyelidikan,” pungkasnya.

Sebelumnya, ambulans PSC 119 milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanjuruhan juga ringsek usai terlibat kecelakaan dengan truk pengangkut gas, di Jalan Raya Karangduren, Dusun Karangduren, Desa Karangduren, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Jumat (24/11/2023) sekitar pukul 14.45 WIB.

Menurut keterangan saksi mata, Binargumilang (35) warga desa setempat menerangkan, kecelakaan bermula saat truk pengangkut gas dengan nomor polisi N 9580 EE berkendara dari arah selatan menuju utara dengan kecepatan rendah.

Sementara itu, ambulans PCS 119 RSUD Kanjuruhan dengan nopol N 7033 EP melaju dari arah berlawanan yakni arah utara menuju selatan.

Gumilang sapaan akrabnya, menduga supir ambulans dalam keadaan mengantuk, sehingga ambulans keluar jalur kanan hingga menabrak truk pengangkut gas.

“Ambulans dari arah utara ke selatan, kemungkinan supir ambulans ngantuk jadi keluar jalur ke kanan melawan arah,” ujar Gumilang sapaan akrabnya saat ditemui di lokasi kejadian, Jumat (24/11/2023).(mg1/lio)