Sehari Ada Tiga Kecelakaan Libatkan Nakes di Kabupaten Malang, 2 Meninggal Dunia

Ambulans Puskesmas Pakis ringsek usai bertabrakan dengan truk di jalan raya Asrikaton, Pakis, Malang. (dok. Satlantas Polres Malang)
Ambulans Puskesmas Pakis ringsek usai bertabrakan dengan truk di jalan raya Asrikaton, Pakis, Malang. (dok. Satlantas Polres Malang)

Kabupaten Malang, blok-a.com – Dalam satu hari pada Jumat (24/11/2023), terjadi tiga peristiwa kecelakaan di Kabupaten Malang yang melibatkan tenaga kesehatan (nakes).

Blok-a.com mencatat bahwa tiga insiden tersebut menelan korban jiwa maupun luka-luka.

Berikut rangkuman peristiwa kecelakaan di wilayah Kabupaten Malang yang melibatkan nakes pada Jumat (24/11/2023):

Kecelakaan Ambulans di Pakisaji

Mobil ambulans PSC 119 RSUD Kanjuruhan Kecamatan Kepanjen terlibat kecelakaan dengan truk pengangkut gas di Jalan Raya Karangduren, Dusun Karangduren, Desa Karangduren, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Jumat (24/11/2023), sekitar pukul 14.45 WIB.

Menurut keterangan saksi mata, Binargumilang (35) warga desa setempat menerangkan, kecelakaan bermula saat truk pengangkut gas dengan nomor polisi N 9580 EE berkendara dari arah selatan menuju utara dengan kecepatan rendah.

Sementara itu, ambulans PCS 119 milik RSUD Kanjuruhan dengan nopol N 7033 EP melaju dari arah berlawanan yakni arah utara menuju selatan.

Gumilang sapaan akrabnya, menduga supir ambulans dalam keadaan mengantuk, sehingga ambulans keluar jalur kanan hingga menabrak bagian kanan truk pengangkut gas.

Akibat kejadian tersebut, kernet truk, perawat dan sopir ambulans mengalami luka-luka sehingga dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Kecelakaan Motor Nakes di Poncokusumo

Dua tenaga kesehatan (Nakes) Kota Malang meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal di Jalan Raya Wedi Ireng, Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jumat (24/11/2023) sekitar pukul 17.40 WIB.

Kedua nakes yang mengendarai motor Honda Vario N-6895-ACG mengalami luka parah di bagian kepala. Mereka adalah I’in Ningtias (41), seorang bidan, dan dr. Devilliya Agustin Nukmatus Sahqril (41), tenaga kesehatan di Puskesmas Mulyorejo.

Kronologi kejadian bermula saat I’in berboncengan dengan Devilliya melaju dari arah timur menuju barat atau dari Bromo ke arah Poncokusumo dengan kecepatan sedang, mengendarai Honda Vario dengan nopol N 6895 ACG.

Sesampainya di lokasi kejadian, keduanya diduga hilang kendali karena jalan yang menurun tajam.

Usai terjatuh, kedua korban mengalami benturan hingga menyebabkan luka pada bagian kepala dan meninggal di lokasi kejadian.

Kecelakaan Ambulans di Pakis

Mobil Ambulance Public Safety Center (PSC) 119 milik Puskesmas Pakis Malang terlibat kecelakaan dengan truk di perempatan Jalan Raya Desa Asrikaton, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jumat (24/11/2023), sekitar pukul 20.00 WIB.

Pengemudi ambulans, Bambang, dari Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, selamat meski mobilnya mengalami kerusakan.

Kejadian berawal ketika mobil Ambulans dengan nomor polisi N-1583-EP yang dikemudikan oleh Bambang, warga Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, melaju dari arah Kalisari (selatan) menuju Puskesmas Pakis (timur) dengan kecepatan sedang.

Pengemudi ambulans diduga kurang memperhatikan kondisi jalan ketika hendak berbelok ke arah kanan (ke timur).

Bersamaan dengan itu, dari arah Perumahan Asrikaton (barat), sebuah truk dengan nomor polisi L-8007-UUB hendak berbelok ke arah Wendit (selatan).

Karena pengemudi ambulans diduga tidak memperhatikan kondisi jalan saat hendak berbelok ke kanan, akibatnya terjadi tabrak samping dengan truk.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Malang, Ipda Joko Taruna, menyatakan bahwa kecelakaan di tiga lokasi tersebut masih dalam penanganan pihaknya.

“Semua di tiga lokasi baik di wilayah Pakisaji , Poncokusumo dan Pakis, petugas unit Gakkum masih melakukan penyelidikan dan mengamankan kendaraan yang terlibat kecelakaan,” tutupnya.(mg1/lio)