Bagaimana Gambaran Alun-Alun Merdeka Pasca Revitalisasi? Berikut Beberapa Hal Yang Dirubah

Bagaimana Gambaran Alun-Alun Merdeka Pasca Revitalisasi? Berikut Beberapa Hal Yang Dirubah
Alun-Alun Merdeka Malang (dok. blok-a.com)

 

Kota Malang, blok-a.com – Dalam forum Konsultasi Publik Revitalisasi Alun-Alun Merdeka yang dilaksanakan pada hari Selasa (13/2/2024), dijabarkan secara singkat bagaimana gambaran rancangan Alun-Alun Merdeka setelah direvitalisasi.

Penjabaran ini dijelaskan oleh pihak perencana dari PT Reno Abirama Sakti, yang diwakili oleh arsitek lansekap Juda Widita. Revitalisasi ini akan melibatkan tiga aspek, yaitu pemeliharaan, penyesuaian dan pembangunan fasilitas yang ada di Alun-Alun Merdeka.

Dalam hal pemeliharaan, salah satu contoh revitalisasinya adalah perbaikan dan perluasan playground.

“Ketika kita melakukan survey, di sana (playground) sangat ramai dan menjadi rujukan utama pengunjung yang punya anak kecil. Banyak sekali, termasuk itu ada ayunan yang sudah robek, dan perosotan yang dilem pakai resin itu bahaya sekali,” terangnya.

Lalu untuk penyesuaian, nantinya area outdoor gym yang saat ini terletak di dekat playground akan dipindah lebih ke timur. Selain menyesuaikan dengan rencana perluasan playground, nantinya area outdoor gym juga akan ditambah.

“Area outdoor gymnya antusiasnya itu cukup lumayan. Ini butuh perhatian. Kemudian penambahan area outdoor gym, itu kami geser, bapak-ibu, sekalian ke sebelah timurnya karena memang crowded-nya (ramai) kondisi playground pada akhir pekan,” papar Yuda.

Sementara itu dalam hal pembangunan ada sebuah usulan yang cukup menarik yaitu rencana pembangunan dry fountain atau air mancur yang memancar langsung dari lantai.

“Terkait fountain (air mancur), ini kemarin ada masukan supaya ada tempat untuk perform (pertunjukan). Sehingga kemarin kami juga sudah melihat air mancur ini sudah jadi ikon publik. Sehingga bagaimana caranya agar ikon ini tidak hilang tapi bisa ada tempat untuk perform sehingga kami mencoba mengkonsep dengan dijadikan dry fountain,” jelasnya.

Dalam perencanaan itu, nantinya dry fountain akan dibangun di area yang sedikit lebih tinggi dari lantai alun-alun sehingga jika dimatikan bisa menjadi semacam panggung pertunjukan. Nanti, begitu pertunjukan selesai, air mancur kembali dapat dihidupkan.

Yang lebih menarik, dengan adanya dry fountain itu dipastikan akan ada wahana baru untuk anak-anak bermain air di Alun-Alun Merdeka Kota Malang. Akan tetapi perencanaan yang dijabarkan ini masih konsep dasar yang kemungkinan dapat berubah dengan adanya masukan dari pihak-pihak terkait. (mg1/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?