Catat, Ini Tanggal Kawasan Gunung Bromo Harus Steril Kendaraan

Kawasan Kaldera Gunung Bromo.(dok. Kompas.com/Anggara Wikan)

Malang, blok-a.com – Kendaraan bakal dilarang melintasi area Gunung Bromo pada beberapa tanggal ini. Tanggal tersebut merupakan perayaan adat dan budaya masyarakat Suku Tengger, yakni Wulan Kapitu.

Pada tanggal tersebut kendaraan harus steril dan dilarang mengakses area Gunung Bromo.

Dilansir dari akun Instagram resmi Balai Besar TNBTS, awal Wulan Kapitu adalah tanggal 12 Desember 2023 mulai pukul 16.00 WIB sampai dengan 13 Desember 2023 pukul 16.00 WIB. Sementara itu, akhir Wukan Kapitu adalah tanggal 9 Januari 2024 pukul 16.00 WIB sampai dengan 10 Januari 2024 pukul 16.00 WIB.

Pada tanggal tersebut, dilakukan penutupan kaldera Tengger pada kawasan TNBTS dari kendaraan bermotor (kecuali kendaraan kedaruratan). Batas kendaraan bermotor dari arah Pasuruan sampai dengan Pakis Bincil, dari arah Malang dan Lumajang sampai dengan Jemplang, dan dari arah Probolinggo sampai dengan Desa Wonokerto.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS, Septi Eka Wardhani menjelaskan, pada tanggal tersebut dilarang kendaraan melintas. Alhasil wisatawan yang hendak ke Gunung Bromo dan sekitarnya disarankan untuk merencanakan ulang rencana wisatanya.

Kendati demikian, jika terdapat kendaraan yang mempunyai kepentingan darurat untuk ke Gunung Bromo, masih diperbolehkan.

Sementara itu, Wulan Kapitu sendiri adalah bulan yang disucikan oleh Suku Tengger. Pada bulan ini, masyarakat Suku Tengger melakukan puasa atau disebut sebagai Laku Puasa Mutih. Tujuannya untuk menahan perilaku sifat keduniawian atau sifat kerakusan selama di dunia.

“Semoga ibadah masyarakat Tengger dapat berjalan dengan khidmat dan Bromo menjadi lebih baik lagi ya, Sahabat. Jangan lupa untuk bawa sampahmu kembali setelah berkunjung ke Bromo,” tulis Balai Besar TNBTS dalam akun Instagram resminya, @bbtnbromotenggersemeru.

Kawasan Gunung Bromo merupakan salah satu wisata unggulan di Jawa Timur dan kecantikannya telah diakui dunia. Kawasan Gunung Bromo ini masuk tiga besar sebagai The World’s Most Beautiful National Parks yang dirilis Bounce, mengalahkan Taman Nasional Gunung Fuji di Jepang. Dalam penilaian Bounce, kawasan Gunung Bromo mendapatkan nilai 7,89 dari maksimal 10. (bob)