Peringati Hari Raya Nyepi, Wisata Gunung Bromo Ditutup Total

Peringati Hari Raya Nyepi, Wisata Gunung Bromo Ditutup Total
Ilustrasi Gunung Bromo dan sejumlah wisatawan (blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)

Kabupaten Malang, blok-a.com – Memperingati Hari Raya Nyepi, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akan ditutup total untuk aktivitas wisata pada Senin hingga Selasa, 11-12 Maret 2024.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS, Septi Eka Wardhani. Ia mengatakan, penutupan tersebut dilakukan untuk menghormati umat Hindu yang tengah merayakan nyepi di Tengger Semeru.

“Iya benar (ditutup), untuk menghormati umat Hindu di Tengger,” kata Septi saat dikonfirmasi, pada Kamis (7/3/2024).

Ia menerangkan, informasi Gunung Bromo yang menjadi wisata unggulan di Jawa Timur ini ditutup tertuang dalam Pengumuman Nomor: 378/Pem/PHDI-KAB/II/2024 tanggal 20 Februari 2024 hal Permohonan Penutupan Kawasan Bromo, dalam rangka menghormati Hari Suci Nyepi tahun baru Saka 1946/2024 Masehi.

Sejumlah titik aktivitas yang ditutup diantaranya yakni, dari arah Kabupaten Probolinggo ditutup di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura dan dari arah Kabupaten Pasuruan dari Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari.

“Sementara dari arah Kabupaten Malang ditutup di Jemplang, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang,” tambahnya.

Seluruh destinasi wisata ditutup total dan steril dari wisatawan, dimulai sejak Senin 11 Maret 2024 dimulai pukul 00.00 WIB, sampai dengan Selasa 12 Maret 2024 pukul 06.00 WIB.

Diakhir, ia memastikan tidak akan ada yang melakukan pembookingan tiket secara online. Sebab, kepastian tersebut telah dilakukan jauh-jauh hari. Sehingga tidak akan ada reschedule jadwal bagi wisatawan.

“Jadi tidak ada reschedule karena booking online untuk tamggal tersebut sudah kami tutup jauh-jauh hari,” pungkasnya. (ptu)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?