ART di Malang Ditangkap Polisi Usai Bawa Kabur Uang Majikan Rp200 Juta

Seorang ART diamankan usai bawa kabur uang majikan Rp200 juta.
Seorang ART diamankan usai bawa kabur uang majikan Rp200 juta.

Kota Malang, blok-a.com – Satreskrim Polresta Malang Kota mengamankan seorang Asisten Rumah Tangga (ART) yang mencuri uang dan perhiasan milik majikannya sebesar Rp200 juta, Sabtu (13/4/2024).

Wanita ART ini diketahui berinisial TS (58), warga Jalan Griya Waringin Elok Blok C-10 No.15 RT/RW: 005/008 Kelurahan Waringinjaya Kecamatan Bojonggede, Tasikmalaya.

“Pelaku diamankan petugas sekitar pukul 23.10 WIB, Selasa (2/4/2024), saat menunggu tiket bus di dalam kamar Hotel Haris, Jalan Hilltop No.18 Kelurahan Polowijen Kecamatan Blimbing Kota Malang,” ujar Kasat Reskrim Polresta Malang Kota, Kompol Danang Yudanto saat dikonfirmasi awak media, Sabtu (13/4/2024).

Diungkapkan Danang, pelaku melakukan pencurian uang dan perhiasan milik majikannya bernama Hariyati (60), warga Taman Sulfat XII/5 RT 05 RW 06 Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang.

“Saat dilakukan penangkapan, petugas menemukan pecahan uang rupiah, pecahan uang valuta asing dari berbagai negara, dan perhiasan emas, total kurang lebih senilai Rp 200 jutaan,” bebernya.

Terkait kronologi pengungkapan hingga penangkapan TS, Kompol Danang menjelaskan sekitar pukul 14.00 WIB, Selasa (2/4/2024), korban diberitahu oleh adiknya bahwa pelaku yang biasanya bekerja di rumahnya sedang tak terlihat.

“Mendapatkan informasi ini, korban langsung mencoba untuk mengecek di CCTV namun sudah tidak aktif. Karena curiga CCTV di rumah tidak aktif, korban langsung mengecek brankas yang berada di dalam kamar, dan korban melihat uang sebesar Rp200.000.000 dan benda berharga berupa berlian, cincin, dan kalung emas milik korban sudah tidak ada atau hilang,” jelasnya.

Melihat uang dan perhiasan di brankas raib, korban langsung melaporkan kepada pihak kepolisian.

“Mendapatkan laporan ini, tim satreskrim Polres Malang Kota langsung bergerak dan mendapatkan informasi bahwa pelaku saat itu berada di dalam kamar Hotel Haris, yang saat menunggu Tiket Bus yang akan digunakan untuk melarikan diri,” imbuh Danang.

Dalam penangkapan ini, petugas berhasil mengamankan barang bukti cukup banyak. Di antaranya uang rupiah dalam berbagai pecahan dengan total nilai Rp38 juta.

“Lanjut, mata uang asing dalam berbagai pecahan, mulai dari mata uang Jepang, Australia, Korea, Singapura, Thailand, Malaysia, dan Brazil,” ujarnya.

“Petugas juga menemukan perhiasan emas kuning dan putih dalam bentuk anting-anting, kalung, gelang, dan cincin. Jika semuanya ditotal baik uang dan perhiasan, nilainya mencapai Rp 200 juta,” terang Danang lagi.

Berdasarkan keterangan pelaku, dirinya mengambil uang/barang milik korban dengan cara menggunakan kunci asli untuk membuka brankas.

“Berdasarkan pengakuan pelaku bahwa setiap hari membersihkan kamar majikan dan mengetahui letak kunci brankas. Melakukan nekat mencurinya karena mengalami kesulitan ekonomi dan membutuhkan uang banyak,” pungkasnya.

Saat ini pelaku dalam tahanan Polresta Malang Kota. Dan dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 9 tahun.(ags/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?