Orem-Orem: Kuliner Tradisional Khas Kota Malang yang Menggoda Selera, Ini Resepnya

Orem-orem Malang (foto : Superapp.id)
Orem-orem Malang (foto : Superapp.id)

Kota Malang, Blok-a.com – Ketika membicarakan kekayaan kuliner Indonesia, tidak dapat mengabaikan keberagaman masakan tradisional yang tersebar di berbagai daerah. Salah satu hidangan yang menjadi kebanggaan khas Jawa Timur adalah orem-orem.

Banyaknya ragam hidangan di Indonesia, orem-orem muncul sebagai bukti kekayaan kuliner Jawa Timur. Di Kota Malang, Orem-orem memiliki khas tersendiri. Orem-orem khas Malang memiliki cita rasa yang kaya dan unik, sering menjadi pilihan untuk memanjakan lidah dan perut. Yakni, rasa santan yang kuat dengan sensasi pedas.

Pembuatan orem-orem tidaklah sulit, namun hasil akhirnya begitu lezat dan menggoda selera. Proses persiapannya dimulai dengan bahan dasar berupa tahu dan tempe yang diiris tipis.

Kedua bahan ini harus digoreng hingga kering agar memberikan sentuhan renyah yang kontras dengan tekstur kental kuah.

Siapkan 3 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 1 ruas kencur, 3 butir kemiri, 1 sendok teh ketumbar, 1 ruas kunyit, 1 buah cabe merah besar, cabe hijau besar iris tipis.

Haluskan bumbu tersebut lalu tumis hingga harum. Masukan daun jeruk, serai, cabe rawit dan lengkuas. Setelah itu beri air secukupnya. Masukkan garam, gula dan kaldu bubuk lalu biarkan mendidih lalu tes rasa.

Masukkan tahu tempe yang sudah digoreng kering. Kemudian, masukkan cabe hijau iris dan santan. Biarkan sampai matang dan memunculkan aroma wangi. Angkat, dan siap disajikan dengan ditaburi bawang merah goreng.

Biasanya, Orem-orem disajikan dengan nasi yang telah matang dicampur dengan kacang goreng yang gurih dan serundeng kelapa yang menambah aroma khas. Serta sayuran segar seperti kacang panjang dan tauge yang dimasak urap-urap.

Selain nikmat di lidah, orem-orem juga menyajikan nilai gizi yang baik. Kombinasi tahu, tempe, dan sayuran menjadikan hidangan ini kaya akan protein nabati dan serat. Selain itu, dengan bumbu kacang yang digunakan, orem-orem memberikan rasa yang memikat, memenuhi keinginan lidah untuk cita rasa gurih dan manis pedas yang seimbang.

Tak hanya sekedar hidangan sehari-hari, orem-orem juga menjadi sajian istimewa dalam acara-acara tertentu, seperti perayaan keluarga, arisan, atau kenduri. Keberadaan orem-orem turut memperkaya keanekaragaman kuliner Indonesia, menjadikannya sebagai bagian tak terpisahkan dari warisan budaya kuliner Nusantara. (mg2/bob)