Resep Membuat Keripik Buah Khas Malang

Ilustrasi keripik buah (foto : Herworld)
Ilustrasi keripik buah (foto : Herworld)

Kota Malang, Blok-a.com – Keripik buah adalah camilan yang lezat dan sehat. Di Kota Malang sendiri keripik buah menjadi oleh-oleh. Namun, ternyata keripik buah bisa dibuat sendiri. Nah, berikut adalah resep sederhana untuk membuat keripik buah dengan sentuhan khas Malang.

Siapkan bahan-bahan sebagai berikut. Yakni buah-buahan pilihan yakni mangga, apel, pisang. Kemudian air perasan jeruk nipis, gula pasir, garam, dan air kelapa secukupnya.

Pertama, potong tipis buah-buahan. Semakin tipis potongan buah tersebut maka keripik akan semakin renyah. Kemudian, campur air kelapa dengan air perasan jeruk nipis untuk membuat larutan perendam. Tambahkan sedikit gula pasir dan garam ke dalam larutan tersebut. Aduk hingga gula dan garam larut.

Kemudian, rendam potongan buah dalam larutan perendam selama 30 hingga 60 menit. Pastikan setiap potongan buah terendam dengan baik untuk meresapkan rasa pada buah.

Setelah selesai, segera tiriskan buah dari larutan perendam dan biarkan sejenak agar air berlebih mengalir.

Kemudian, susun potongan buah pada rak pengering atau loyang yang dilapisi kertas roti. Proses pengeringan dapat dilakukan menggunakan oven dengan suhu rendah atau sinar matahari langsung. Bisa juga menggunakan oven pada suhu rendah di 60°C selama 2 hingga 3 jam.

Setelah buah benar-benar kering dan renyah, simpan dalam wadah kedap udara untuk menjaga kesegaran. Keripik buah khas Malang pun siap dihidangkan.

Makan keripik buah memiliki beberapa manfaat, terutama jika dibuat dengan cara rumahan. Pasalnya, buah-buahan alami mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan serat.

Keripik buah juga bisa jadi alternatif cemilan sehat. Pasalnya, keripik buah dibuat dengan cara dikeringkan atau dipanggang, umumnya memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan camilan yang digoreng.

Bagi orang yang sedang melakukan diet bebas gluten, keripik buah dapat menjadi camilan yang sesuai. Karena keripik ini tidak mengandung gluten. Asal tidak melakukan konsumsi melebihi batas tertentu. (mg2/bob)