Resep Ayam Lodho, Kuliner Favorit Warga Tulungagung

 

blok-a.com – Bagi mereka yang kerap berkunjung ke Tulungagung, pasti pernah mendengar tentang ayam lodho. Kuliner khas Tulungagung ini memang menjadi salah satu makanan favorit warga Tulungagung karena rasanya yang khas dibanding masakan olahan ayam lainnya.

Tidak hanya sebagai makanan sehari-hari, ayam lodho juga kerap disajikan sebagai pelengkap acara-acara khusus seperti tasyakuran dan selamatan. Masakan ini juga memiliki makna filosofis sebagai perwujudan dan perlambang rasa syukur kepada Sang Pencipta atas kenikmatan yang telah diberikan.

Dalam hal rasa ayam lodho identik dengan aroma smokey dari ayam yang dibakar dalam prosesnya, daging yang empuk hingga lepas dengan mudah dari tulangnya, sedikit aksen pedas yang menggugah selera, dan kuah santan kental yang membungkus bumbu rempah yang kuat.

Dengan rasa yang fantastis dan sarat makna filosofis, tak heran resep kuliner satu ini dicari-cari banyak orang yang telah merasakan kenikmatannya. Tak perlu jauh-jauh ke Tulungagung, Blok-A siap membocorkan resep ayam lodho nikmat untuk dicoba sendiri di rumah.

Berikut resep ayam lodho:

Bahan-Bahan:
1 ekor ayam kampung
700 ml air
100 ml santan kental
Minyak untuk menumis

Bahan Bumbu:
10 buah cabai rawit, tusuk kulitnya
1 jempol lengkuas
2 batang serai, memarkan
2 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 lembar daun kunyit, ikat
1 sdt Gula merah
Garam secukupnya
Penyedap secukupnya

Bumbu Halus:
10 siung bawang merah
10 siung bawang putih
4 butir kemiri sangrai
2 sdt ketumbar sangrai
½ sdt merica
3 cm jahe
3 cm kunyit, bakar terlebih dahulu
3 cm kencur

Cara Membuat:

1. Bakar di atas bara api ayam kampung yang sudah dibelah punggungnya, hingga setengah matang dan beraroma gurih. Setelah diangkat, potong-potong sesuai selera.
2. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus, lengkuas, serai, daun jeruk, daun salam dan daun kunyit hingga harum.
3. Masukkan air, potongan ayam, dan cabai rawit, masak hingga air panas lalu masukkan santan. Masukkan gula, garam, dan penyedap. Cek rasa hingga sesuai dengan yang diinginkan.
4. Aduk-aduk sesekali. Masak dengan api sedang hingga daging ayam matang dan empuk, lalu angkat.

Ayam lodho khas Tulungagung yang nikmat siap disantap. Sedikit bocoran, ayam lodho paling nikmat jika disajikan bersama dengan nasi gurih, sayur urap, dan sambal goreng kentang sebagai pelengkap. (mg3/bob)