Resep Membuat Bakso Khas Malang yang Mudah dan Hemat

bakso singosari
Bakso Mbahe Solo (foto: Google Maps)

 

Kota Malang, Blok-a.com – Bakso Malang merupakan salah satu kuliner khas kota Malang yang sangat populer. Bakso Malang memiliki ciri khas tersendiri, yaitu menggunakan daging sapi giling kasar dengan campuran tepung sagu.

Bakso Malang juga disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan isian yang beragam, seperti bakso goreng, pangsit, tahu, dan siomay.

Jika ingin membuat bakso Malang sendiri di rumah, berikut adalah tata cara membuatnya.

Bahan-bahannya adalah, 500 gram daging sapi sengkel, giling kasar, 50 gram putih telur, 225 gram es serut, 4 sendok teh garam kasar, 1/2 sendok teh kaldu, 1 sendok teh penyedap rasa, 1 bonggol bawang putih, haluskan, 1/2 sendok teh merica bubuk

Bahan pangsitnya adalah 1 butir telur, 1 sendok teh garam, 100 gram tepung sagu, 1 batang daun bawang, iris halus, 24 lembar kulit pangsit, 1/4 sendok teh baking powder.

Sementara untuk kuah, siapkan 1.5 liter air, 2 batang bawang putih, geprek, 2 ruas jahe, geprek, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 2 batang serai, memarkan, 1 sendok teh garam, 1/2 sendok teh merica bubuk.

Cara membuatnya sebagai berikut. Untuk bakso atau pentol, campurkan bahan berikut. Yakni daging sapi giling, putih telur, es serut, garam kasar, kaldu bubuk, penyedap rasa, bawang putih halus, dan merica bubuk. Aduk rata hingga tercampur.

Setelah itu, bentuk adonan menjadi bola-bola bakso berukuran sedang.

Kedua adalah isian pangsit pangsit, yakni campurkan telur, garam, tepung sagu, dan daun bawang iris. Aduk rata hingga tercampur. Isi kulit pangsit dengan adonan pangsit. Bulatkan adonan pangsit. Kukus pangsit hingga matang.

Kemudian untuk kuah didihkan air terlebih dahulu. Kemudian, masukkan bawang putih geprek, jahe geprek, daun salam, daun jeruk, dan serai.

Kemudian, masak selama 15 menit. Masukkan garam dan merica bubuk. Terakhir, lakukan tes rasa sesuai selera.

Untuk langkah akhir, rebus pentol bakso hingga mengapung. Angkat bakso dan tiriskan ke dalam wadah. Kemudian, siapkan mangkuk saji.

Penyajian Bakso Malang adalah, tuangkan dulu kuah kaldu. Masukkan bakso, pangsit, tahu, dan siomay. Sajikan dengan taburan bawang goreng dan saus sambal.

Pembuatan bakso Malang ada beberapa tips yang bisa diikuti agar rasanya sedap. Yakni gunakan daging sapi sengkel agar bakso terasa lebih gurih. Campurkan pengulenan adonan dengan es serut agar bakso terasa lebih kenyal. Kemudian, bentuk adonan bakso dengan ukuran yang sama agar matangnya merata.

Untuk pangsit, bisa coba dengan dikukus agar tidak keras. Untuk isian lain seperti tahu bisa membeli tahu coklat di pasar, kemudian diberikan isian adonan pentol yang ditambahkan tepung kanji. Demikianlah tata cara membuat bakso asli kota Malang. (mg2/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?