Tim Juri Nasional Lomba Kampung KB Kunjungi Desa Senggreng

Kabupaten Malang, blok-a.com – Tim juri lomba Kampung Keluarga Berkualitas (KB) tingkat nasional tahun 2024 turun lapangan untuk lakukan kroscek di Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, pada Selasa (28/5/2024). 

Perlu diketahui, Desa Senggreng menjadi salah satu desa yang terpilih masuk dalam kategori tiga besar di lomba Kampung KB tingkat nasional. 

Tiga desa tersebut diantaranya yakni, salah satu desa di Sumatera, Jawa Tengah dan Jawa Timur yang diwakili oleh Desa Senggreng. 

Direktur Pendidikan Kependudukan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Indra Murtiy Surbakti menerangkan, kedatangannya ke Desa Senggreng yakni sebagai bentuk kroscek atau verifikasi lapangan terkait lomba Kampung KB tingkat nasional. 

“Karena kita selama ini melakukan penilaian, wawancara hanya melalui zoom. Sehingga kedatangan kami untuk kroscek atau pengecekan lapangan dalam rangka pemilihan dan pemberian apresiasi,” ujar Indra saat sambutan, Selasa (28/5/2024). 

Sejumlah program yang menjadi fokus penilaian diantaranya yakni sistem mencegah stunting dini (Simudin). Sebab, menurutnya program nasional yang paling banyak disorot yakni penurunan stunting. 

“Menurut saya Program Simudin ini paling seksi. Zero stunting ini target kami di 2020, jadi program imi luar biasa sekali. Terlebih Desa Senggreng disebutkan akan mencapai zero stuting yang cukup cepat,” terangnya. 

Dalam kesempatan ini, Bupati Malang, Sanusi juga turut hadir bersama jajaran Pemerintah Daerah (Pemkab) Malang mendimpingi Juri lomba Kampung KB di Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. 

Sanusi berharap Desa Senggreng dapat meraih juara Kampung Keluarga Berkualitas tingkat nasional, karena hal tersebut bisa memberikan multi efek terhadap perkembangan desa itu sendiri. 

“Harapannya nanti jadi pemenang, karena desa-desa yang menjadi juara nasional, secara ekonomi dan sosialnya semakin berkembang,” ujar Sanusi. 

Sanusi menerangkan, sejumlah dukungan maupun dorongan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang telah diberikan. Pihaknya juga akan mendorong desa-desa yang ada di Kabupaten Malang untuk mengikuti jejak Desa Senggreng. 

“Tentunya infrastruktur, keperluan, untuk mendukung desa KB, kita dorong semuanya agar nanti semua desa bisa menjadi Desa Keluarga Berkualitas,” pungkasnya. (ptu)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?