Ditinggal Salat Idul Adha, Rumah dan Sepeda Motor di Pagak Malang Ludes Terbakar

Proses pemadaman api di Desa Tlogorejo, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, Senin (17/6/2024) sekitar pukul 06.00 WIB (dok. Damkar Kabupaten Malang for blok-a.com)
Proses pemadaman api di Desa Tlogorejo, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, Senin (17/6/2024) sekitar pukul 06.00 WIB (dok. Damkar Kabupaten Malang for blok-a.com)

Kabupaten Malang, blok-a.com – Kebakaran terjadi di Desa Tlogorejo, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang. Peristiwa tersebut terjadi saat warga tengah menjalankan salat Idul Adha, Senin (17/6/2024) sekitar pukul 06.00 WIB. 

Kebakaran tersebut menimpa rumah Senimah (60), warga Desa Tlogorejo, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang. Awal mula peristiwa diketahui oleh warga sekitar saat melintas lokasi kejadian. 

Melihat api kian membesar, saksi kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Petugas Pemadam Kebakaran sekitar pukul 06.50 WIB. Selanjutnya, petugas langsung mendatangi tempat kejadian perkara. 

Diketahui, penyebab api muncul dikarenakan adanya konsleting listrik yang terjadi di kulkas, yang tempatnya berada di dapur rumah korban. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran, Satpol PP Kabupaten Malang, Sigit Yuniarto menerangkan, api yang membesar kemudian merambat dan menghabiskan seisi rumah korban. 

“Barang-barang yang berada di dalam rumah ikut terbakar karena begitu cepatnya api menjalar. Hingga korban tidak sempat mengambil barang-barang berharga miliknya,” ujar Sigit kepada awakmedia, Senin (17/6/2024). 

Setelah dilakukan pemadaman hingga pendinginan sejak pukul 07.15 WIB, api yang menyambar rumah dengan luas 7 x 12 meter itu baru dapat dipadamkan sekitar pukul 09.10 WIB. 

“Kami kerahkan tiga unit mobil pemadam kebakaran dan sejumlah petugas untuk memadamkan api,” tambahnya. 

Terpisah, Kapolsek Pagak, Iptu Surdianto menambahkan, akibat kejadian tersebut membuat satu sepeda motor milik korban juga habis terbakar. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. 

“Titik awal api berasal dari hubungan arus pendek. Kemudian merembet ke rumah, lalu membakar semua barang tang ada di dalam rumah. Termasuk satu unit sepeda motor Honda Astrea,” imbuhya. 

Namun atas kejadian teraebut, pemilik rumah ditafsir menanggung kerugian materiil mencapai ratusan juta rupiah. 

“Korban jiwa dan luka-luka nihil. Kerugian material sekitar Rp130 juta rupiah,” pungkasnya. (ptu)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?