KPU Kabupaten Malang Gunakan Gudang Bulog Sebagai Penyimpanan Logistik Pemilu

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilu, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Kabupaten Malang, Marhaendra Pramudya Mahardika. (Blok-a.com/Putu Ayu Pratama S)

Kabupaten Malang,Blok-a.com – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang menyiapkan dua gudang penyimpanan logistik pemilu.

Dua gudang tersebut terletak di gudang milik Bulog, yang berlokasi di Jalan Raya Kebonagung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilu, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Kabupaten Malang, Marhaendra Pramudya Mahardika mengatakan, sebelumnya pihaknya sempat mengalami kendala terkait gudang penyimapanan logistik untuk Pemilu.

Pasalnya, gudang Bulog yang digadang-gadang akan disewa oleh KPU Kabupaten Malang dalam satu tahun kedepan, hanya tersisa satu unit.

“Kemarin sempat ada kendala. Awalnya di Bulog itu ada dua unit, tetapi di tengah perjalanan tinggal satu unit. Tapi sekarang sudah clear, dua unit bisa dipakai semua,” ujar Dika saat ditemui Blok-a.com belum lama ini.

Dalam waktu dekat, lanjut Dika, gudang tersebut akan siap ditempati untuk menyimpan logistik Pemilu.

“Tanggal masuknya masih menunggu, yang pasti bisa digunakan bulan ini,” ujarnya.

Sementara itu, untuk logistik yang akan datang diantaranya yakni bilik suara, surat suara, kotak suara, bantalan dan alat coblos.

“Sejauh ini yang sudah datang hanya tinta, 7.761 x2 botol. Satu TPS dua botol isi 40 miligram, yang lain masih proses, kayak bilik suara, kotak, bantalan, alat coblos, juga nanti surat suara masih menunggu penetapan,” jelasnya.

Disinggung terkait pengamanan, Dika menyebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan pengamanan secara ketat. Penjagaan itu dilakukan baik di gudang logistik maupun di kantor KPU yang berlokasi di Jalan Panji, Panarukan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

“Untuk pengamanan, kami melibatkan pihak kepolisian. Sudah mulai turun surat perintah dari Polres Malang untuk dilakukan pengamanan di kantor per tanggal 19 Oktober sampai dengan selesai Pemilu nanti,” pungkasnya. (ptu/bob)