Pj Wali Kota Malang Siap Dukung Produsen Raket Klayatan Jangkau Pasar Internasional

Pj Wali Kota Malang meninjau produsen raket di wilayah Klayatan, Kecamatan Sukun, Kota Malang. (blok-a.com/Andik Agus)
Pj Wali Kota Malang meninjau produsen raket di wilayah Klayatan, Kecamatan Sukun, Kota Malang. (blok-a.com/Andik Agus)

Kota Malang, blok-a.com – Kreativitas warga Kota Malang, Jawa Timur, memang tak diragukan lagi. Seperti yang terlihat di wilayah Kelurahan Bandungrejosari atau lebih dikenal Klayatan, Kecamatan Sukun, yang sejak dahulu dikenal sebagai sentra produsen raket bulu tangkis.

Sebanyak kurang lebih 60 produsen raket bulu tangkis tersebar di wilayah ini. Baik dalam skala kecil maupun besar. Hasil produksinya bahkan mampu menembus pasar nasional, melalui pemesanan dari beberapa daerah di luar Jawa Timur.

Untuk mempercepat proses produksi secara massal, Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag), memberikan bantuan 1 mesin pencetak bulu ayam raket dan 1 mesin pengencang senar raket.

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat mengatakan, pihaknya siap mendukung penuh perkembangan produsen raket Kota Malang.

Bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Pemkot Malang telah merencanakan giat pelatihan pembuatan raket profesional. Agar hasil karya warga Klayatan ini nantinya bisa tembus pasar internasional.

“Kota Malang sudah menjadi suatu tempat produksi raket bulutangkis. Rencananya dari Kemenpora akan memberikan pelatihan cara membuat raket bulutangkis yang profesional. Bahkan diberitahu bagaimana cara memasarkan hasil produksi raket yang bisa Go Internasional,” ujar Wahyu Hidayat kepada awak media, Sabtu (22/6/2024).

Menurutnya, dengan pelatihan yang akan dilaksanakan pada Kamis, 27 Juni 2024 mendatang, o para perajin yang tergabung dalam Pagayuban Raket Malang, bisa memproduksi raket berkualitas tinggi.

“Nanti saya akan meminta ke Kadis Pendidikan, agar melakukan pengadaan alat alat olahraga di sekolah-sekolah, terutama SD (pemula) itu bisa mengambil di UMKM. Tetapi harus sesuai persyaratan,” bebernya.

“Kalau bisa kita kerja sama juga dengan sekolah-sekolah. Selain itu, kita lihat juga pasar di luar, supaya bersaing. Nanti kita sampaikan juga untuk dipasarkan melalui e-Katalog. Kalau lewat e-Katalog itu enak yang lihat semuanya se-Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Kadis Diskoperindag Kota Malang, Eko Syah mengatakan, sejak tahun 2022, Diskoperindag Kota Malang telah menyerahkan 2 mesin produksi yang dapat membantu produksi raket massal. Yakni mesin injection moulding, serta mesin pengencang raket.
.
“Dengan menggunakan mesin inject itu, kita bisa produksi hingga 100-150 kilogram mata ayam sekali produksi,” terang Eko Syah.

Kehadiran mesin itu pun diakui sangat membantu para perajin raket di wilayah Klayatan. Mengingat sebelumnya, para perajin harus membeli penunjang raket dari tempat lain.

“Saat ini dengan menggunakan mesin inject otomatis tersebut, produksi bisa dilakukan dengan lebih cepat dan masif. Mesin inject ini bisa memproduksi hingga 90 ton. Dan sekali produksi hanya butuh waktu maksimal 15 detik,” imbuhnya.

Bahkan, kata Eko, para perajin raket di wilayah ini sudah mempunyai merk raket ‘Epselon’ yang telah mengantongi hak paten.

“Jadi produksi raket bulutangkis milik Pagayuban Kampung Raket Malang, sudah ada merk-nya yakni Epselon dan harganya cukup terjangkau di pasaran,” bebernya

Ketua Paguyuban Raket Malang Aji Sulistyo mengatakan, dengan adanya bantuan 2 mesin dari Diskoperindag Kota Malang, pihaknya bisa memproduksi hingga 300 raket per hari.

“Kalau dulu sebelum ada batuan mesin ini. Kita membuat satu raket butuh waktu lama. Namun dengan adanya mesin Iject dan mesin pengencang raket, bisa memproduksi dalam satu hari 300 batang raket cukup cepat dan tak perlu waktu lama,” ujarnya.

Aji mengungkapkan, sejauh ini pemasaran hasil produksi raket merk Epselon, masih melalui online atau mendatangi toko toko Sport yang ada diwilayah Jawa Timur maupun di Luar Jawa.

“Untuk memasarkan ke sekolah sekolah masih kita rencakan,” pungkasnya.(ags/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?