Toko di Kota Malang ini Dibangun Jaman Pemerintahan Belanda, Dulu Jujugan Warga Eropa Belanja

Toko di Kota Malang ini Dibangun Jaman Pemerintahan Belanda, Dulu Jujugan Warga Eropa Belanja
Toko Avia di masa lampau (foto : Wikimapia)

 

Kota Malang, Blok-a.com – Toko Avia sudah bukan lagi hal asing di Kota Malang. Toko di Jalan Jaksa Agung Suprapto Nomor 1B, Oro-oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, itu ternyata bagian dari sejarah.

Toko Avia sendiri, awalnya dikenal sebagai Toko Semarang, berdiri megah di kompleks pusat perbelanjaan ‘Lux’ yang dibangun oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1930. Kompleks itu terletak di Celaket, sebuah wilayah komersial dan perniagaan yang berkembang di jalur poros Kotapraja Malang pada masa kolonial. Toko ini menjadi daya tarik bagi orang-orang Eropa yang mencari belanjaan di lokasi strategis ini.

Pusat perbelanjaan tersebut, dengan Toko Avia sebagai salah satu penghuninya, menjadi destinasi utama bagi orang-orang Eropa pada masa itu. Terletak di pertigaan di Kayutangan, tempat pemberhentian dan berkumpulnya tentara Belanda, Toko Avia menjadi tempat di mana mereka memenuhi kebutuhan sehari-hari dan berbelanja.

Meskipun masa pendudukan Jepang datang, Toko Avia tetap beroperasi, menarik perhatian serdadu Jepang sebagai pelanggan utama. Meskipun pembelinya berganti, toko ini tetap mempertahankan kekayaan barang dagangnya dan tetap menjadi salah satu destinasi berbelanja terkemuka di Malang.

Kini, Toko Avia tetap beroperasi seperti biasa. Nampak tidak ada perubahan yang berarti dari masa ke masa.

Dalam perjalanan waktu, sejatinya bangunan Toko Avia tidak berubah sejak masa kolonial, menunjukkan keteguhan sejarahnya. Renovasi yang mungkin terjadi hanya mencakup interior, sementara bentuk aslinya tetap dipertahankan.

Meski sempat disayangkan akibat berbagai pemasangan baliho, termasuk rokok, namun akhirnya berbagai pihak menerimanya. Hal itu sebagai bentuk perkembangan zaman. Namun, Toko Avia tidak pernah dibongkar bentuk fisiknya.

Sebagai bagian penting dari sejarah Kota Malang, Toko Avia tidak hanya menjadi landmark tetapi juga simbol keberlanjutan dalam perjalanan panjangnya.

Toko ini sendiri lengkap menyediakan bahan baku rumah tangga seperti sembako, hingga bumbu dapur yang sulit ditemukan. Bahkan berbagai bahan masak yang langka seperti aneka keju, susu, dan serbuk rasa juga tersedia. (mg2/bob)