BKM FISIP UB Bahas Cara Move On Toxic Relationship untuk Kalangan Mahasiswa

BKM FISIP UB Bahas Cara Move On Toxic Relationship untuk Kalangan Mahasiswa
Ketua BKM FISIP UB, Ika Fitria, M.Psi., Psikolog menjelaskan cara melepaskan diri dari toxic relationship di Seminar FISIP UB (blok-a/Widya Amalia)

 

Kota Malang, Blok-a.com – Badan Konseling Mahasiswa (BKM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) gelar seminar soal melepaskan diri dari hubungan tidak sehat atau toxic relationship.

Seminar bertajuk “From Toxic to Thriving: Strategies for Moving On from Toxic Relationships” ini nyatanya sangat penting bagi mahasiswa. Seminar dari BKM FISIP UB ini sendiri bertujuan untuk memberikan pemahaman dan strategi kepada mahasiswa dalam menghadapi hubungan yang berpotensi menjadi tidak sehat toxic relationship.

Ketua BKM FISIP UB, Ika Fitria, M.Psi., Psikolog, menyebut memang hal tersebut patut diperhatikan. Mahasiswa yang usianya menuju dewasa awal ini memiliki diharapkan bisa memiliki relasi yang sehat.

Dengan relasi yang sehat, Ika berharap bisa mendorong mahasiswa untuk memiliki jaringan atau networking yang positif. Sehingga mereka mampu menjalani perkuliahan dan kegiatan non akademik lainnya dengan baik dan menyenangkan.

“Kami selalu berusaha memberikan edukasi kepada mahasiswa terkait tema-tema kesehatan mental yang sedang in atau relevan. Kali ini, kami mengambil tema hubungan karena banyak mahasiswa yang mengalami tantangan dalam relasi, baik itu dengan teman, pacar, atau keluarga,” papar Ika pada (14/11/2023).

Seminar ini juga mendorong mahasiswa untuk membangunkesehatan mental dalam menjalani relasi sehari-hari. Ika menyebut, hal itu diperlukan agar bisa mendeteksi bibit hubungan kurang sehat di berbagai kalangan.

“Harapannya, mahasiswa dapat lebih peka terhadap tanda-tanda hubungan yang tidak sehat dan memiliki strategi untuk menjaga kesehatan mental mereka, serta membantu teman-teman mereka yang mungkin berada dalam situasi serupa,” lanjut dia.

Acara tersebut digelar selama satu hari di Ruang Rapat Lantai 7 Gedung B FISIP UB. Sebelum ini, BKM sering menggelar berbagai pelatihan konseling.

“Kalau pelatihan yang kemarin kita lakukan durasi lebih panjang karena ada roleplay, ada latihan bagaimana bisa menjadi cure support itu, seperti itu,” ujar dia.

BKM sendiri juga menerima konseling untuk mahasiswa yang membutuhkan. Para mahasiswa yang membutuhkan bisa langsung mengunjungi instagram resmi @bkmfisipub untuk langsung klik link yang tertaut di bio. Kemudian, langsung lakukan penjadwalan dan mengisi form pendaftaran. (mg2/bob)