Pengangguran Lihai Curi Mobil Janda di Malang 

Korban saat bertemu dengan tersangka saat pers rilis di Polres Malang (blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)
Korban saat bertemu dengan tersangka saat pers rilis di Polres Malang (blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)

Kabupaten Malang, blok-a.com – Seorang pria hidung belang, Bobby De Armana (52) warga Jalan Borobudur Gang Punden, Kelurahan Madiun Lor, Kecamatan Mangunharjo, Kota Madiun ditangkap polisi di Malang.

Ia diketahui melakukan pencurian mobil terhadap seorang janda asal Kota Malang. 

Korban tersebut yakni Isnanik (42), warga Perum Pelita, Kebonsari, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Mereka diketahui baru saja berkenalan melalui aplikasi kencan beberapa waktu lalu. 

Kasatreskrim Polres Malang, AKP Gandha Syah Hidayat menerangkan, awal mula peristiwa tersebut terjadi ketika mereka bertemu pertama kalinya setelah berkenalan selama 2 minggu.

Keduanya bertemu di rumah rekan korban atas nama Jerry Warga Negara Asing (WNA), di Perum Panorama Garden, Dusun Jamuran, Desa Sukodadi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang pada 17 Mei 2024. 

“Pertemuan itu bertujuan untuk membersihkan rumah Jerry di Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Sedangkan, tersangka diminta (korban) untuk memanaskan mesin mobil Toyota Yaris Warna berwarna merah metalik,” ujar Gandha saat ditemui awakmedia, Selasa (11/6/2024). 

Usai membersihkan rumah rekannya, korban kemudian mengajak tersangka ke rumahnya yang terletak di Perum Pelita Kebonsari, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sukun Kota Malang untuk beristirahat. 

Setelah beristirahat, korban hendak meninggalkan tersangka ke Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang.

“Sebelum korban berangkat ke Donomulyo, tersangka melihat korban meletakkan kunci kontak Mobil Toyota Yaris Warna Merah Metalik di atas bufet lemari ruang tamu,” ungkapnya.

Melihat kunci mobil yang dilihatnya tadi Kecamatan Wagir, tersangka langsung punya niat jahat. Dia mengambil kunci itu dengan mudah. Setelah kunci digenggaman, dia pergi dari rumah janda itu ke rumah Jerry atau ke tempat mobil itu berada di Kecamatan Wagir.

“Selanjutnya, setelah korban pergi dari rumah kemudian tersangka mengambil kunci kontak mobil tersebut dan segera bergegas memesan Ojek Online untuk menuju ke rumah Jerry di Perum Panorama Garden, Dusun Jamuran, Desa Sukodadi, Kecamatan Wagir Kabupaten Malang,” lanjutnya. 

Usai sampai di tempat kejadian perkara (TKP) yakni rumah Jerry, tersangka yang sudah menguasai kunci mobil Toyota Yaris Warna Merah Metalik tersebut dengan lihai membawa kabur mobil tersebut. 

“Terlebih rumah tersebut tidak ada pagarnya. Setelah berhasil menguasai mobil tersebut, tersangka pun bergegas ke kostnya di Jalan Jenggolo, Kelurahan Pucang, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo,” tegasnya. 

Sebelumnya, pria yang kesehariannya sebagai pengangguran ini juga memalsukan data diri dengan mengganti nama Tyas Hayu Utomo yang berstatus duda dan bekerja sebagai pegawai Kantor Pajak Pratama Surabaya. 

“Sejumlah barang bukti berupa satu unit Mobil Toyota Yaris dengan nomor polisi AB 1644 QR, satu buah handpohone, satu buah kartu tanda Kementerian Keuangan RI Direktorat Jendral Pajak atas nama Tyas Hayu Utomo. Kemudian, lembar Surat Keterangan perekaman KTP-e atas nama Tyas Hayu Utomo dari Dispendukcapil,” katanya. 

Gandha menambahkan, tersangka telah melakukan aksi pencurian ini kedua kalinya. Pencurian mobil pertama kalinya bukan di Malang, melainkan di Jawa Tengah.

“Kesehariannya (korban) pengangguran. Memang sering menipu dengan modus yang sama, dia (tersangka) sebeumnya juga sempat berkenalan dengan single mom dan mengaku seorang pegawai RRI,” imbuhnya.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal berlapis yakni Pasal 363 Ke-5e KUHP dan Pasal 362 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama 7 tahun. (ptu/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?