Trend Pernikahan Dini di Malang Menurun, Sudah Tidak Tertinggi di Jatim

menikah tanggal cantik 2024
Ilustrasi.(dikhy sasra via detikcom)

Kabupaten Malang, blok-a.com – Trend pernikahan dini di Kabupaten Malang pada 2024 merosot dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut disebabkan adanya perketatan perizinan dispensasi kawin yang dikeluarkan oleh Pengadilan Agama (PA) setempat.

Sebelumnya, pada tahun 2023 jumlah pernikahan dini di Kabupaten Malang menempati posisi tertinggi se-Jawa Timur. Pada periode Januari hingg Mei 2023, pengajuan dispensasi mencapai 388 pengajuan.

Sedangkan tahun lalu, periode Januari – Mei 2025 sebanyak 214 pengajuan. Jika ditotal maka, selisih penurunannya sekitar 45 persen dari tahun sebelumnya.

Humas Pengadilan Agama Kabupaten Malang, M. Khoirul menerangkan, penurunan tersebut dikarenakan masifnya sosialisasi yang dilakukan oleh sejumlah pihak.

Sosialisasi tersebut menyasar hingga di tingkat desa maupun kecamatan dengan menyasar orang tua hingga anak-anak.

“Dari pihak Pemerintah Daerah merespon. Kemudian, untuk dispensasi kawin yang umurnya masih jauh dari 17 tahun kita tolak,” ujar Khoirul saat ditemui, Selasa (25/6/2024).

Selain itu, penurunan tersebut juga dikarenakan adanya perubahan peraturan Undang-undang 1974 Nomor 16 tahun 2019.

Kemudian, syarat lain yang dipertimbangan Pengadilan Agama untuk mengabulkan dispensasi nikah diantaranya yakni status calon suami. Artinya, calon suami dipastikan sudah memiliki pekerjaan yang layak.

“Lalu, ada rekomendasi dari konseling bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) psikolognya,” tambahnya.

Disinggung terkait perkara anak hamil di luar nikah, kata Khoirul, pihaknya juga masih mempertimbangkan umur untuk mengeluarkan dispensasi kawin.

Misal, jika umur anak tersebut jauh dari 17 tahun tahun maka pengajuan dispensasinya akan diputus alias tidak dikabulkan.

“Jadi nanti suruh ajukan asal usul anak saja, setelah melahirkan. Kalau memang nanti anak itu hasil dari hubungan perzinaan. Kalau di masyarakat biasanya menikah siri,” pungkasnya. (ptu)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?