Sahur On The Read Pakai Sound System di Malang Dilarang

Kabupaten Malang, blok-a.comPolres Malang melarang keras adanya kegiatan Sahur on the Road dengan menggunakan sound system berukuran besar di wilayah Kabupaten Malang selama pelaksanaan bulan suci Ramadan 2024.

Kasubsipenmas Humas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara menerangkan, larangan penggunaan sound system saat sahur tersebut dilakukan guna pejaga situasi kantibmas saat pelaksanaan ibadah puasa di wilayah Kabupaten Malang.

Kendati demikian, kegiatan ronda sahur masih tetap boleh dilakukan asal kegiatan tersebut dilakukan dengan sewajarnya dan secara sopan dan santun.

“Yang jelas terkait dengan pengeras suara yang ‘mberot’ jelas kita tidak mengizinkan. Kalau kegiatannya saja, dalam membangunkan sahur kita tetep memperbolehkan yang penting tidak mengganggu situasi kantibmas yang ada,” ujar Dicka kepada Blok-a.com, Selasa (12/3/2024).

Ia menegaskan, pihak kepolisian tidak pernah mengeluarkan izin terkait dengan kegiatan yang dapat merugikan masyarakat luas dan mengganggu kantibmas utamanya saat bulan Ramadan.

Termasuk melakukan sahur on the road dengan menggunakan pengeras suara dan mobil dengan bak terbuka yang dapat mengganggu masyarakat.

Sejumlah pengawasan juga rutin dilakukan secara ketat. Maka jika ditemui kegiatan serupa, pihak kepolisian akan melakukan pengamanan secara tegas.

“Sahur dalam arti kegiatan masyarakat yang backsound dan lain sebatgainya kan selama ini kita tidak mengeluarkan izin. Tapi jika pelaksanaanny ada, kita akan melakukan pengamanan,” tegasnya.

Diakhir, ia menghimbau agar masyarakat bisa saling mengharai dalam pelaksanaan puasa di bulan suci Ramadan, dengan melakukan kegiatan yang tidak merugikan dan mengganggu orang lain.

“Kalau volumen secara aturan tidak ada rinciannya, yang jelas hanya salon kecil saja yang diperbolehkan untuk keliling. Selain itu juga boleh membangunkan lewat toa masjid atau musala,” pungkasnya. (ptu/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?