Dua Orang Tewas Tertimpa Pohon Tumbang di Pakisaji Malang

Situasi pohon tumbang sebabkan dua korban jiwa (Dok. Kantor Kecamatan Pakisaji for blok-a.com)
Situasi pohon tumbang sebabkan dua korban jiwa (Dok. Kantor Kecamatan Pakisaji for blok-a.com)

 

Kabupaten Malang, blok-a.com – Pohon tumbang sekira tinggi 15 meter menimpa dua pengguna jalan di Jalan Raya Karangpandan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang hingga meninggal di lokasi.

Penyebab pohon di Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang itu tumbang diduga karena akarnya mengalami pelapukan.

Kasubsi Pengendalian Bencana, PMI Kabupaten Malang, M Yunus mengatakan, kejadian tersebut dilaporkan pada Minggu (3/12/2023) pagi tadi.

“Setengah tujuh tadi kita mendapatkan telfon dari pihak kecamatan, ada pohon tumbang di sekitaran Jalan Raya Pakisaji ini yang menimpa pengendara sepeda motor (berboncengan) kondisinya meninggal dunia,” ujar Yunus saat dikonfirmasi awakmedia, Minggu (3/12/2023) pagi.

Mendapat laporan tersebut, PMI bergegas mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) untuk mengevakuasi korban maupun pohon yang menghalangi sebagian jalan.

“Akhirnya kita persiapkan tim, kita ke lokasi dan korban udah dievakuasi sama PMI. Kita tinggal pembersihan pohon yang menghalangi jalan itu aja,” jelasnya.

Dijelaskan Yunus, korban berkendara dari arah selatan menuju utara dengan posisi keduanya sedang berboncengan. Atas kejadian tersebut, dua orang tewas di lokasi kejadian dengan kondisi motor ringsek.

“Luka korban sepertinya dia langsung tertimpa kayu, sepeda motor sampek ringsek itu. Dua orang, satu motor boncengan,” terangnya.

Sementara itu, proses evakuasi pohon yang diduga pohon karetan tersebut dilakukan bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang bersama sejumlah pihak yang terlibat.

“Untuk evakuiasi pohon kita sama dengan BPBD, juga pihak kecamatan dan dari polantas juga membantu kita untuk evakuasi pohon tumbang,” bebernya.

Disinggung terkait faktor tumbangya pohon, Yunus tidak bisa memastikan secara pasti. Ia hanya menyebut, dimungkinkan akar pohon tengah mengalami pelapukan.

“Untuk jenis pohon ini memang sering terjadi itu roboh karena akarnya sering lapuk dan dari beberpa kejadian memang rata-rata akarnya sudah lapuk. Diameternya  100 centimeter dan tingginya sekitar 15 meter,” pungkasnya. (ptu/bob)