Letak Makam Hamid Rusdi di Kota Malang sang Pahlawan Kemerdekaan

Makam Hamid Rusdi di Taman Makam Pahlawan Suropati, Kota Malang. (foto : Web Kelurahan Kidul Dalem)
Makam Hamid Rusdi di Taman Makam Pahlawan Suropati, Kota Malang. (foto : Web Kelurahan Kidul Dalem)

 

Kota Malang,Blok-a.com – Nama Hamid Rusdi bukanlah hal asing di telinga masyarakat Kota Malang. Sosok pahlawan kemerdekaan ini telah melekat di masyarakat.

Nama Hamid Rusdi akhirnya diabadikan sebagai nama jalan maupun terminal di Kota Malang, bahkan diabadikan juga sebagai nama untuk hutan kota dan bumi perkemahan.

Nah, kini sosoknya banyak mengundang peziarah yang ingin datang ke makamnya.

Hamid Rusdi awalnya dimakamkan di pemakaman Wonokoyo. Namun, makamnya sudah dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan Suropati, Kota Malang pada akhir tahun 1949.

Untuk menuju Taman Makam Pahlawan Suropati, berikut rutenya yang terdekat. Warga Kota Malang bisa datang ke Kayutangan Heritage dulu. Waktu tempuh diperkirakan hanya 10 menit dengan jarak tempuh 3,8 km.

Titik tujuannya ke Taman Makam Pahlawan Suropati bertepat di Jl. Cianjur No.1, Oro-oro Dowo, Klojen, Kota Malang.

Dari Kayutangan Heritage, arahkan kendaraan ke arah timur menuju Jalan Jenderal Basuki Rahmat. Kemudian, ambil Belok kiri ke Jalan Semeru. Kemudian berbeloklah ke arah kiri menuju Jalan Bromo.

100 meter kemudian, belok kiri ke Jalan Buring. Ambil arah jalan menuju Jalan Merbabu. Kemudian, belok kanan ke Jalan Guntur. Kembali masuki Jalan Merbabu dan belok kanan untuk tetap di Jalan Merbabu.

Memasuki Jalan Simpang Balapan, ambil jalan keluar pertama. Kemudian, belok kanan ke Jalan Besar Ijen. Beloklah ke kiri ke Jalan Bandung dan teruskan ke Jalan Veteran. Ambil putar balik dan lakukan belokan kiri ke Jalan Bogor. Lalu, belok kiri ke Jalan Cianjur dan di sanalah keberadaan Taman Makam Pahlawan Suropati.

Perkiraan biaya berkunjung pun cukup murah. Untuk biaya kendaraan pribadi sekitar Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu saja sebagai modal bensin. Sementara, menaiki angkutan umum seharga Rp. 5 ribu rupiah saja. (mg2/bob)