Buka Peningkatan Kapasitas SDM Dinas Pendidikan, Bupati Blitar Minta Kolaborasikan Teknologi Digital

FOTO : Bupati Blitar Rini Syarifah dalam acara Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar di salah satu hotel di Yogjakarta. (Foto : dok kominfo kab blitar)
FOTO : Bupati Blitar Rini Syarifah dalam acara Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar di salah satu hotel di Yogjakarta. (Foto : dok kominfo kab blitar)

 

Blitar, blok-a.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar bekerjasama dengan Pusat Kajian Keuangan Negara dan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, menggelar acara Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar.

Kegiatan yang digelar di salah satu hotel di Yogjakarta, Sabtu (02/12/2023) tersebut, dibuka langsung Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah.

Adapun peserta Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) tersebut, diikuti oleh K3S, MKKS, IG-TKI, Pengawas dan pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar.

Bupati Rini Syarifah dalam sambutannya berpesan kepada peserta Peningkatan Kapasitas SDM untuk terus menerus meningkatkan kemampuan dan mutu SDM melalui pelatihan-pelatihan, workshop, webinar dan lain sebagainya, terutama dibidang teknologi kekinian dan bisa memanfaatkan aplikasi SIPLAH untuk transaksi belanja di lembaga Pendidikan.

Disamping itu bagi kepala sekolah atau guru harus mengawasi peserta didik jangan sampai pengaruh buruk dari gadget mempengaruhi mental anak-anak.

“Oleh karena itu, selain pelajaran di dalam kelas harus ada ektrakurikuler yang memadahi untuk meningkatkan bakat minat anak untuk berprestasi sejak dini,” kata Rini Syarifah.

Lebih lanjut Mak Rini sapaan akrab Bupati Blitar menandaskan, para peserta harus mengkolaborasikan teknologi digital, agar di dalam membuat pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Serta bisa dipadukan dengan aktivitas fisik yang menyenangkan.

“Dengan harapan membuat semangat dan motivasi belajar anak menjadi meningkat sesuai kurikulum Merdeka Belajar,” pungkas orang nomor satu di Pemkab Blitar ini.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar Adi Andaka dalam kesempatan tersebut menyampaikan, beberapa penghargaan yang diperoleh dibidang pendidikan tahun 2023 dari Kemdikbud Ristek dan Teknologi diantaranya, 1. Pemerintah daerah dengan dukungan tinggi terhadap pembentukan komunitas belajar di PMM, 2. Pemerintah daerah dengan pencapaian target aksi nyata transisi PAUD ke SD yang menyenangkan lebih awal di jenjang SD, 3. Pemerintah daerah dengan capaian tinggi untuk aksi nyata transisi PAUD SD di jenjang SD, 4. Pemerintah daerah dengan kategori capaian literasi tinggi pada jenjang SD.

“Semoga dengan prestasi yang diperoleh bisa membawa pendidikan di Kabupaten Blitar lebih maju. Dan diharapkan dapat dijadikan pelecut untuk lebih meningkatkan pelayanan di bidang Pendidikan,” kata Adi Andaka. (jar)