Persiapkan Program Makan Siang Gratis, Kemenhan RI Turun ke Kabupaten Malang 

Kemenhan tinjau stand hasil perikanan di Kabupaten Malang (blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)
Kemenhan tinjau stand hasil perikanan di Kabupaten Malang (blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)

Kabupaten Malang, blok-a.com – Perwira Tinggi Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia lakukan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Malang, pada Jumat (3/5/2024).

Kunjungan kerja ke Malang tersebut dilakukan untuk mempersiapkan program makan siang gratis yang telah dicanangkan oleh presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada periode 2024-2029 mendatang.

Perwakilan Kemenhan RI, Mayjen TNI Yos Trioso mengatakan, Kabupaten Malang menjadi daerah pertama dalam kunjungan Kemenhan untuk mempersiapkan program makan siang gratis di wilayah Jawa Timur.

“Kegiatan ini dalam rangka menyiapkan kegiatan pangan dan kemandirian pangan. Dimana adanya kegiatan ini akan ditindaklanjuti terus oleh presiden terpilih,” ujarnya saat ditemui di Pendopo Agung, Kabupaten Malang, Jumat (3/5/2024). 

Sejumlah aneka ragam produksi pangan di Kabupaten Malang juga nampak dipamerkan, diantaranya pangan hortikultura, produksi susu, aneka tangkapan nelayan, produksi garam, hingga hasil perkebunan. 

Lebih lanjut, Yos menyebutkan bahwa Kabupaten Malang cukup berpotensi dalam mendukung program makan siang gratis yang rencanakan akan direalisasikan pada awal kepemimpinan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Kendati demikian, perlu sejumlah peningkatan dalam sistem pengelolaan pangan di Kabupaten Malang menurutnya. 

Salah satunya yakni perlu adanya kerjasama atau koordinasi antara perusahaan pengolah pangan dengan pemerintah daerah hingga pemerintah pusat. 

“Tujuan di Kabupaten Malang adalah daerah Kepanjen, kemudian pabrik susu, pertanian alpukat, pertanian padi dan pertanian tebu yang berada di pinggir darah kabupaten Malang. Semua itu adalah potensi yang harus kita kejar dan dilakukan penebalan terhadap luasan kegiatan perkebunan yang telah dilaksanakan,” sambungnya. 

Terpisah, Bupati Malang, Sanusi mengatakan, ia menyambut baik adanya kunjungan Kemnhan dalam menyukseskan program makan siang gratis yang akan segera dilakukan pada Oktober 2024 mendatang. 

Sejumlah hasil pangan di Kabupaten Malang, seperti hasil pertanian, perikanan, peternakan hingga holtikultural dinilai surplus dan dapat berkontribusi dalam menyuplai 20 persen kebutuhan program makan siang gratis di wilayah Kabupaten Malang. 

“Nah tentunya ini jadi kebangaan kami, dan harapannya produk-produk dari kami nanti bisa mendapatkan nilai tambah. Termasuk produk susu dari Kabupaten Malang, itu akan diformulakan untuk bisa mencukupi program Makan Gratis khususnya di Jawa Timur,” tegas Sanusi. (ptu/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?