ACFFEST 10 Tahun Berantas Korupsi di Kota Malang Lewat Film

Roadshow ACFFEST di Malang Town Square (Matos), Jumat (21/6/2024).
Roadshow ACFFEST di Malang Town Square (Matos), Jumat (21/6/2024).

Kota Malang, blok-a.com – 10 tahun sudah usia Festival Film Anti-Korupsi (ACFFEST) yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dalam rangka peringatan hari jadi ke-10 ini, KPK menyelenggarakan sejumlah rangkaian acara.

Salah satu acaranya adalah roadshow di Kota Malang, tepatnya di Malang Town Square (Matos) pada Jumat (21/6/2024).

Roadshow ACFFEST ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Kota Malang dan sekitarnya untuk aktif dalam memerangi korupsi melalui seni, khususnya film.

ACFFEST telah menjadi salah satu kampanye ikonik dalam pemberantasan korupsi di Indonesia dengan menampilkan berbagai film pendek dari sineas lokal dan nasional yang mengangkat isu-isu korupsi.

Kegiatan ACFFEST tidak hanya terfokus di Kota Malang, tetapi juga di beberapa kota lainnya di Indonesia seperti Medan, Aceh, Makassar, Semarang, dan akan terus berlanjut ke Kota Kupang, Kabupaten Sumbawa, Kota Palu, Singkawang, dan Balikpapan.

Tujuannya adalah untuk menjangkau lebih banyak masyarakat dan menyebarkan kesadaran akan bahaya korupsi melalui medium seni yang menarik dan dapat merangkul lebih banyak audiens.

Dengan tema “Berantas Korupsi Lewat Seni”, ACFFEST tahun ini menekankan pentingnya pendekatan kreatif dalam menyampaikan pesan anti-korupsi.

Kepala Sekretariat Kedeputian Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Guntur Kusmeiyano, menekankan bahwa festival ini bukan hanya ajang hiburan, tetapi juga wadah edukasi dan inspirasi bagi masyarakat luas.

“Ini sudah satu dekade dan kita konsisten mengadakan setiap tahun,” terangnya.

Pada ACFFEST 2024 kali ini, KPK tidak hanya menyuguhkan pemutaran film dan diskusi panel dengan pembicara dari kalangan aktivis anti-korupsi dan sineas, tetapi juga mengadakan workshop pembuatan film bagi pelajar dan mahasiswa serta lomba film pendek.

“Di tahun ini ACFFEST kami juga mengadakan lomba dan tidak seperti biasanya, kami tambahkan vertikal movie. Jadi Malang ini juga menjadi basis di Jawa Timur mensosialisakikan program KPK,” sambungnya.

Para pemenang kompetisi ACFFEST akan diganjar penghargaan dan kesempatan untuk memperluas jaringan kerja mereka dengan KPK. Termasuk bantuan biaya produksi bagi 12 finalis terbaik dalam kategori ide cerita untuk mengembangkan film mereka.

Finalis ACFFEST 2024 juga akan mendapatkan mentoring langsung dari para sineas terkemuka di Indonesia, yang diharapkan dapat menginspirasi mereka untuk terus berkontribusi dalam pemberantasan korupsi melalui medium film.(art/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?